Gorontalo

Akibat Covid-19, Kepercayaan Masyarakat pada Rumah Sakit Menurun

Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat memimpin Apel pagi, dalam rangka penerapan New Normal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, di halaman Rumah Sakit Umum Daerah MM Dunda Limboto, Senin (15/6/2020).

PROSESNEWS.ID – Berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinis Gorontalo, bukan mejadi ujung dari aktifitas dalam memutus mata rantai pandemi virus Covid-19, untuk melanjutkan langkah pencegahan Covid-19 saat ini pemerintah akan menerapkan New Normal.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat memimpin Apel pagi, dalam rangka penerpan New Normal di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo, di halaman Rumah Sakit Umum Daerah MM Dunda Limboto, Senin (15/6/2020).

Dalam keterangannya, Bupati Nelson menyampaikan, di Kabupaten Gorontalo penerapan new normal disebut dengan Norma Perilaku Baru (NPB), dan minggu ini akan dilakukan sosialisasi ke masyarakat.

“Minggu yang lalu pemerintah telah merumuskannya, baik secara konseptual maupun regulasinya, kemudian nanti petunjuk-petunjuk teknisnya seluruh OPD itu nanti ada, minggu ini kita lakukan sosialisasi,” ungkap Nelson.

Untuk memulai penerapan New Normal itu sendiri kata Nelson, sengaja dilakukan pertama kalinya di Rumah Sakit, agar tempat pelayanan kesehatan bisa menjadi contoh.

“Namanya Covid-19 ini, lebih banyak pada protokol kesehatan, maka orang-orang kesehatanlah yang harus menjadi contoh, kemudian rumah sakit merupakan pelayanan yang sangat besar, interaksi kesehatan yang paling tinggi, maka harus membenah diri,” terang Nelson.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nelson juga sempat menyinggung terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Rumah Sakit yang menurun akibat Covid-19, atau bisa disebut ketakutan terhadap rumah sakit ‘Hospital Phobia’. Ia menuturkan, jumlah orang-orang ke Rumah Sakit tadinya setiap hari itu, kurang lebih 1.400, sekarang kurang 300-an yang menginap.

“Melihat kondisi ini, tentunya pemerintah akan memulihkan kembali tingkat kepercayaan masyarakat, sehingga bisa lagi berobat di Rumah Sakit. Saya minta masyarakat jangan takut berobat jika sakit, tetap datangi rumah sakit, sebab tidak ada yang sakit Covid-19 di Rumah Sakit Dunda, kalawpun ada yang discreening, maka itu di karantina atau dirujuk di Rumah sakit Rujukan ” terang Nelson.

Terakhir dalam arahannya, Bupati Nelson berharap, kepada seluruh rakyat Kabupaten Gorontalo, agar sama-sama melawan pandemi virus Covid-19, dengan cara perilaku kehidupan baru.

“Perilaku kehidupan baru itu lebih pada disiplin protokol kesehatan. Disiplin pake masker, disiplin jaga jarak, disiplin cuci tangan, disiplin jika sakit ke Dokter, itu yang harus kita lakukan. Kemudian disiplin ini disemua lini kehidupan, baik itu di kantor, di pasar dan ditempat-tenmpat lainnya, InsyaAllah dengan kita dispilin corona ini akan kita lewati,” tutup Nelson. (Adv/Usman)

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago