Pemda Gorontalo

Akibat Insiden Chaos, Pelantikan Eselon III di Kabupaten Gorontalo Ditunda

PROSESNEWS.ID — Proses pelantikan puluhan pejabat Eselon III di Kabupaten Gorontalo mengalami penundaan setelah terjadi insiden ‘chaos’ pada prosesi pelantikan yang digelar di Gedung Kasmat Lahay Limboto, Kamis (14/12/2023) pukul 15:30 WITA.

Insiden tersebut terjadi ketika Wakil Bupati Hendra Hemeto tiba di lokasi dan mengutarakan pertanyaan terkait etika pemerintahan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Hendra menyampaikan kekhawatirannya terhadap koordinasi pemerintahan yang mungkin hanya berfokus pada bupati, sedangkan UUD menegaskan keterlibatan bupati dan wakil bupati.

“Pengangkatan pejabat ini memang berdasarkan aturan, tetapi aturan harus ada etika. Apakah pemerintahan ini koordinasinya hanya kepada pak bupati. Kan UUD ini bupati dan wakil bupati,” ujar Hendra.

Wabub Hendra juga menyatakan keheranannya karena berada di dalam daerah namun tidak mengetahui adanya kegiatan pelantikan tersebut, bahkan tidak menerima undangan resmi.

Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Moh Juffry Damima memberikan tanggapan dengan menjelaskan seluruh prosesi pelantikan sudah sesuai prosedur dan telah ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), yang dalam hal ini adalah Bupati Gorontalo.

“Terkait rotasi, mutasi pejabat struktural maupun fungsional, itu sudah diatur oleh undang-undang ASN melalui tim penilai kerja,” jelas Juffry, menegaskan keputusan tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Juffry juga menambahkan pihaknya telah mengirim surat undangan kepada yang bersangkutan, namun Wakil Bupati Hendra Hemeto menyatakan tidak mengetahui adanya undangan tersebut.

Meskipun insiden ‘chaos’ terjadi, Juffry menegaskan, Surat Keputusan (SK) bagi para pejabat Eselon III yang akan dilantik sudah sah dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pelantikan dijadwalkan akan direschedule setelah dilakukan klarifikasi dan koordinasi lebih lanjut dengan semua pihak terkait.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

21 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago