Akses Jalan Pohuwato-Gorontalo Utara Bakal Dibuka

PROSESNEWS.ID – Akses jalan Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato dan Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara jadi perhatian serius kedua daerah tersebut. Dimana Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu berkunjung ke pohuwato yang diterima langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Kamis, (24/11/2022).

Kedua kepala daerah tersebut bertemu dalam agenda rapat koordinasi dalam rangka integritas penanganan infrastruktur jalan Taluditi-Tolinggula di aula kantor bupati pohuwato yang turut dihadiri Kepala Balai Jalan Provinsi Gorontalo, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Gorontalo, unsur Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo yang diwakili Kabid Lalu Lintas Perhubungan Udara dan Laut, unsur Dinas Kehutanan Provinsi serta OPD terkait dua daerah.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Pohuwato, Bupati Saipul menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi kepada bupati gorut bersama jajaran pemda gorontalo utara dan pejabat provinsi di kabupaten pohuwato. Pertemuan ini memiliki nilai strategis bagi kedua daerah.

Nilai strategis itu sudah sangat jelas pada surat pemerintah Gorontalo Utara ke daerah kami yang salah satunya akan fokus pada pembahasan kelanjutan pembangunan jalan ruas Tolinggula-Taluditi-Marisa IV.

Kelanjutan jalan ini sudah lama terhenti dan kami berterima kasih hal ini digagas kembali agar lahir kesepahaman bersama serta strategi percepatan kedepan.

“Karena jalan ini merupakan kewenangan Balai Jalan, maka hari ini pun kami mengundang Balai Jalan, juga kadis kehutanan dan lingkungan hidup serta PUPR provinsi gorontalo untuk menginformasikan perkembangan jalan strategis tersebut,” jelas Saipul.

Ditambahkan bupati, jika akses jalan pohuwato menuju gorut terlaksana maka aksebilitas dan konektivitas antar wilayah akan semakin lancar.

Lanjut Bupati Saipul, selain akses jalan bagian utara kedua daerah ini, juga hal lain yang perlu dipertajam kembali fokus kerja sama antara Kabupaten Gorut dan Kabupaten Pohuwato terkait nota kesepahaman atau MoU pada sektor perdagangan ternak sapi antar provinsi, antar pulau melalui tol laut. Insyaallah kerja sama ini akan terus dipermantap, dengan memanfaatkan pelabuhan anggrek di kwandang dan pelabuhan bumbulan di kecamatan paguat.

Sementara itu Bupati Gorut, Thariq Modanggu menjelaskan, pertemuan hari ini adalah bukti respon yang luar biasa dari bupati pohuwato. Karena pertemuan ini selain untuk kepentingan kedua daerah juga untuk provinsi gorontalo, terutama ruas jalan taluditi dan tolinggula yang kurang lebih 60 KM lagi belum tersambung, semoga saja hal ini bisa terealisasi.

Disisi lain kedua daerah ini sangat diuntungkan pula dengan adanya IKN, dimana kerja sama di sektor perdagangan sapi kiranya terus dikembangkan.

Di Gorut terdapat dua pelabuhan sementara di pohuwato ada satu pelabuhan dan juga bandara yang diprediksi akan selesai di akhir 2023. Kedua daerah ini akan diuntungkan pula dengan akan terbukanya akses jalan tersebut yang diakui jalur darat semakin dekat antara kedua daerah ini.

“Untuk kerja sama dua daerah kami sangat setuju sekali, olehnya atas nama seluruh masyarakat gorut kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada bupati dan seluruh jajaran yang telah memfasilitasi pertemuan ini dan insyallah berharap bisa ada pertemuan lanjutan di kabupaten gorut,” harap Bupati Thariq Modanggu. (Adv)

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

4 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

4 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

6 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

10 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

11 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

15 jam ago