Gorontalo

Aliansi Merah Putih Di Pukul Mundur Menggunakan Dua Mobil Water Canon dan Satu Mobil Raisa

PROSESNEWS.ID – Aliansi Merah Putih yang melakukan demonstrasi di Bundaran Saronde HI Kota Gorontalo dipukul mundur oleh puluhan kepolisian yang membentuk barisan perisai, Jum’at (09/09/2022).

Tak hanya itu, dibelakang barisan aparat polisi dikawal satu Mobil Pengurai Massa (Raisa) dan dua mobil Water Canon. Sehingga, membuat massa aksi perlahan-lahan mundur.

Moderator Aksi Rifaldy Happy menjelaskan, setelah solat Maghrib massa aksi diminta untuk bubar. Padahal, massa aksi hanya ingin menyampaikan aspirasi serta tuntutan yang menjadi keresahan masyarakat.

“Saat aparat kepolisian membubarkan massa aksi mereka dilengkapi dengan keamanan yang lengkap dan massa yang cukup banyak, bahkan juga ada mobil Water Canon dan Raisa…”

“Untuk mencegah adanya korban dari massa aksi, kami menginstruksikan massa aksi untuk mundur dari titik aksi, itupun meskipun kami sudah mundur dengan tertib, para polisi terus maju bersamaan dengan mobil mereka,” jelas Rifaldy.

Rifaldy juga mengungkapkan, Aliansi Merah Putih akan terus maju dan hadir di jalanan menentang kezholiman. Aliansi itu nantinya akan datang lagi dengan massa aksi yang lebih banyak.

“Aksi kami tidak akan berhenti sampai di sini saja, akan ada aksi besar selanjutnya dengan massa aksi yang lebih banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Kota AKBP Ardi Rahananto mengatakan, massa aksi dipukul mundur karena telah melewati batas waktu dalam melakukan unjuk rasa. Hal itu berdasarkan ketentuan undang-undang, dimana menyampaikan orasi mempunyai batas waktu.

“Alhamdulillah, sekitar 18:30 Wita adik-adik mahasiswa bisa membubarkan diri setelah diberikan himbauan. Kebijakan pemerintah tetap kami dukung, dan saat ada aksi anggota polisi sudah siap dengan layanan pengayomannya…”

“Saat membubarkan massa aksi, kami tidak mendorong atau memberikan kekerasan, tetapi kami hanya memberikan himbauan saja,” jelasnya.

AKBP Ardi juga mengungkapkan, hari ini pihak kepolisian memiliki kekuatan yang cukup, dalam mengawal aksi. Sehingga, unjuk rasa kali ini berlangsung dengan lancar.

“Alhamdulillah, aksi hari ini berjalan dengan kondusif, sesuai dengan SOP yang kami laksanakan dan aksi tadi juga tidak ada provokasi,” ungkap Ardi.

Reporter : Reza Saad

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

24 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago