Pemprov Gorontalo

Anggaran Triwulan IV 2021 Pemprov Gorontalo Dievaluasi

Anggaran Triwulan IV 2021 Pemprov Gorontalo Dievaluasi

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar rapat koordinasi dan evaluasi (rakorev) penyerapan anggaran untuk Triwulan IV tahun 2021 di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (18/1/2022). Rakorev yang berlangsung secara luring dan daring dipimpin oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim.

Berdasarkan laporan Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi Provinsi Gorontalo, realisasi fisik serapan dana APBD 2021 sebesar 98,02 persen dan realisasi keuangan 91,24 persen. Sedangkan untuk dana APBN berdasarkan data Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, realisasi pendapatan sebesar 115,52 persen dan belanja 97,93 persen.

Sementara untuk APBD Kabupaten/Kota hingga Desember 2021, realisasi fisik tertinggi dicapai oleh Kabupaten Bone Bolango sebesar 99,21 persen. Sedangkan untuk realisasi keuangan tertinggi dicapai oleh Kabupaten Gorontalo Utara sebesar 93,28 persen.

“Secara keseluruhan serapan dana APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota maupun APBN tahun 2021 cukup baik, rata-rata di atas capaian nasional. Serapan anggaran tersebut pasti bermanfaat bagi masyarakat dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Wagub Idris Rahim.

Setelah berakhirnya pelaksanaan program kegiatan tahun 2021, Wagub Idris menginstruksikan kepada seluruh OPD, Satker, dan pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan evaluasi terhadap hasil capaian pembangunan. Idris juga menekankan agar seluruh instansi membenahi administrasi yang berhubungan dengan program kegiatan tahun 2021.

“Tidak ada gunanya fisiknya selesai, tetapi administrasinya tidak lengkap. Pasti pada pemeriksaan nanti akan dinilai tidak selesai secara keseluruhan. Untuk itu saya minta benahi dan lengkapi administrasi kegiatan tahun 2021,” tandas Idris.

Recent Posts

KPU Kabgor Tingkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Semarak Pilkada

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo resmi menyelesaikan seluruh rangkaian acara Semarak Pemilihan…

14 jam ago

KAMMI Gorontalo Minta Disdikbud Selesaikan Kasus Bullying dalam Sepekan

PROSESNEWS.ID – Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Gorontalo menggelar aksi protes…

15 jam ago

Kapasitas Pasang-Roni Adnan Diakui Masyarakat Limboto Barat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Roni-Adnan mendapatkan apresiasi dari masyarakat saat menggelar…

16 jam ago

Usman Mbolosi Sebut Buteng Butuh Pemimpin Berkemampuan Akademis, Bukan Abal-Abal

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Ketua Kerukunan Keluarga Wambuloli, Usman Mbolosi, mengatakan hanya pasangan Dr Azhari-Adam…

16 jam ago

KPU Pohuwato Akan Rekrut 1.806 Anggota KPPS untuk Sukseskan Pemilu 2024

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato berencana merekrut 1.806 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan…

1 hari ago

Zulfikar Usira Pastikan Pasangan DEWA Akan Jangkau Seluruh Masyarakat Kabgor

PROSESNEWS.ID – Ketua tim pemenangan pasangan Hendra - Wasito (DEWA) , Zulfikar Usira menegaskan, pasangan…

2 hari ago