Pemprov Gorontalo

Audit Pelayanan Perizinan, Inspektorat Provinsi Gorontalo Periksa Kinerja Diskominfo

PROSESNEWS.ID – Inspektorat Provinsi Gorontalo menggelar audit pelayanan perizinan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Salah satu yang menjadi lokus yakni di Dinas Kominfo dan Statistik yang didatangi, Kamis (6/6/2024).

Pengendali Teknis Tim Audit Kinerja Bidang Pelayanan dan Perizinan Inspektorat, Ellen menjelaskan, audit akan dilakukan untuk penerbitan izin selama tahun 2022 dan 2023. Ada 2315 izin yang dikeluarkan OPD selama kurun waktu itu.

“Audit ini untuk memastikan rekomendasi izin yang dikeluarkan sudah sesuai dan SOP atau belum. Selain untuk perbaikan ke depan, audit juga untuk mendukung peningkatan evaluasi MCP (monitoring center for prevention),” kata Ellen.

Lebih lanjut katanya, audit akan dilakukan selama satu bulan dengan mengambil sampel 30 persen dari total rekomendasi izin yang dikeluarkan. Ia berharap semua OPD terkait mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk kepentingan audit.

“Terutama menyangkut alur pengurusan izin atau SOP-nya. Mudah mudahan ini bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kadis Kominfo dan Statistik Rifli Katili menyambut baik kehadiran tim audit. Ia menyebut ada satu rekomendasi izin yang keluar untuk urusan pos telekomunikasi, penyiaran dan transaksi elektronik.

“Tadi tim membawa rekapitupasinya yang dikeluarkan oleh Dinas PTSP, urusan yang bersinggungan dengan Dinas Kominfotik ada satu rekomendasi izin yakni pada bulan Januari tahun 2022. Ini masih harus kami cek lagi ke instansi lain sebab urusan Kominfo ada juga di Loka Monitor sebagai instansi teknis Kementrian Kominfo RI,” jelas Rifli.

Sejumlah OPD memiliki rekomendasi izin terbanyak, diantaranya urus DLHK ada 1315 izin tahun 2023 dan 60 izin tahun 2022. Urusan perikanan dan kelautan ada 371 izin tahun 2023 dan 534 izin tahun 2022 serta urusan perindustrian ada 249 izin tahun 2023 dan 446 izin tahun 2022.

Recent Posts

Persiapan Jelang Pilkada, KPU Kabgor Selesaikan 3 Tahapan Penting

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo telah, menyelesaikan beberapa tahapan penting dalam persiapan…

22 jam ago

Sebanyak 440 Petugas Pantarlih Dilantik, Siap Lakukan Coklit di Kabupaten Pohuwato

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) melantik sebanyak 440…

1 hari ago

KPU Gorontalo Utara Gelar Apel Gerakan Coklit Serentak untuk Persiapan Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara menggelar Apel Gerakan Coklit (Pencocokan dan…

2 hari ago

Paripurna DPRD Buteng, Kostantinus Sampaikan Pertanggungjawaban APBD 2023

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat paripurna…

2 hari ago

Jembatan Rusak di Hepuhulawa Limboto, Kadis PUPR Sebut Itu Tanggung Jawab BPBD

PROSESNEWS.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gorontalo, angkat bicara terkait rusaknya…

2 hari ago

KPU Boalemo Monitoring Verifikasi Faktual Pilkada Boalemo

PROSESNEWS.ID - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo, Meks Lagibu, melakukan monitoring di sejumlah…

2 hari ago