Pemprov Gorontalo

Bahas DOB, Gubernur Gorontalo Temui Ketua Komisi II DPR RI

Bahas DOB, Gubernur Gorontalo Temui Ketua Komisi II DPR RI

PROSESNEWS.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menemui Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doly Kurnia untuk membahas perjuangan lima daerah otonomi baru (DOB). Pertemuan berlangsung di ruang kerja Ketua Komisi II di Gedung Senayan, Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Gubernur Rusli datang ditemani Idah Syahidah dan Elnino Mohi, keduanya anggota DPR RI Dapil Gorontalo. Hadir juga ketua dan sekretaris 5 DOB yang sedang diperjuangkan ke pemerintah pusat.

“Kehadiran bapak ibu semua mewakili masyarakat Gorontalo sangat serius untuk maju. Tujuan pemekaran ini kan bagaimana daerahnya makin berkembang semakin baik,” kata Dolly.

Dikatakan Dolly, saat ini regulasi untuk moratorium DOB belum dicabut oleh pemerintah pusat. Oleh karena itu, pihaknya melalui fungsi legislasi mendorong revisi undang undang tentang pemekaran daerah.

“Kami dari Komisi II berencana melakukan kunjungan kerja spesifik ke Gorontalo untuk melihat dari dekat lima daerah yang diusulkan menjadi daerah otonomi baru. Rencananya tangal 10 Desember,” kata mantan Ketua Umum KNPI itu.

Di tempat yang sama, Arman Idrus selaku Ketua Komite Pemekaran Gorontalo Barat menyambut positif kabar dari Senayan. Menurutnya, pemekaran DOB penting untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap ketua komisi II mensegerakan. Tujuan kami untuk pemekaran untuk memperpendek rentang kendali dan memberdayakan masyarakat setempat. Hasil konsultasi saya dengan Dirjen dari Menpan setiap daerah akan ada 3.500 PNS yang diberdayakan,” katanya.

Lima ketua dan sekretaris DOB yang hadir yakni Kabupaten Panipi, Kabupaten Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo Barat, Kabupaten Bone Pesisir serta Kota Telaga. Tiga kabupaten yang disebut diawal perjuangannya sudah lebih awal dan hampir disetujui DPR sebelum keluar moratorium.

Recent Posts

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

19 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago