Gorontalo

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership Training 4.0 dengan tema “Self Discovery: Menggali Potensi Diri dan Membentuk Identitas Kepemimpinan” bagi para pemuda di Gorontalo.

Acara ini berlangsung selama 3 hari, dimulai dari Jumat hingga Minggu (28—30 Juni 2024), di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan pada hari pertama, dan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Gorontalo pada dua hari berikutnya.

Koordinator Regional (Koreg) FIM Gorontalo, Dela Rahmat mengatakan, setiap anak muda memiliki potensi besar dalam jiwa kepemimpinan. Pembentukan jiwa kepemimpinan harus didukung dengan pembentukan karakter yang baik.

Sehingga, dengan kuatnya dasar karakter, seorang pemimpin muda mendatang (khususnya di Gorontalo) diharapkan bisa benar-benar menjaga integritasnya, patuh terhadap hukum, totalitas dalam membangun daerah melalui program-program yang ada, serta bertanggung jawab terhadap segala amanah yang diberikan.

“Pembentukan jiwa kepemimpinan harus dibarengi dengan pertumbuhan karakter yang baik. Itulah alasan FIM hadir,” jelas Dela.

Dalam prosesnya, FIM menerapkan kurikulum 7 pilar karakter dan 7 pilar kepemimpinan dalam membina pemuda dan mahasiswa untuk diarahkan kepada gagasan jiwa mandiri (entrepreneurship) dan collective leadership, meningkatkan pemahaman akan pentingnya arti kompetensi, menguatkan dan mengoptimalkan berbagai potensi, serta menumbuhkan solidaritas sosial antar saudara sebangsa dan setahah air.

Tujuan utamanya adalah untuk membentuk pemimpin muda memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme tinggi, berakhlak mulia, sehat, serta cerdas secara fisik, rohani, spiritual dan intelektual.

“Pilar-pilar ini harus tertanam kuat dalam setiap anggota kami, karena FIM adalah tempat di mana pemimpin muda dipersiapkan untuk menghadapi bonus demografi pada tahun 2030—2045 mendatang,” tambah Dela.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu peserta, Wanda Febrianti mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan ini sebagai wadah yang sangat bermanfaat untuk belajar. Dia juga merasa terinspirasi dengan bertemu tokoh-tokoh luar biasa dalam kegiatan ini.

“Pelatihan ini seru banget, inti materinya kita dapet, prakteknya dapet, seru-serunya juga dapet. Pelajaran paling berharga yang saya dapat adalah kebersamaan yang hangat, ilmu baru yang bermanfaat, dan kalau seandainya saya tidak ikut pelatihan ini kayaknya saya tidak bakal sejauh ini dalam mengenal diri sendiri,” kata Wanda.

Wanda berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut di masa depan, sehingga visi dan misi FIm bisa mencapai golsnya untuk menyambut Indonesia Emas 2045. Ia juga berharap pelatihan Leadership Training 4.0 oleh FIM Gorontalo dapat terus mendukung pengembangan karakter kepemimpinan pemuda di daerah, memberikan dampak positif bagi komunitas, dan membangun masa depan yang lebih baik.

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

20 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

21 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Dinas Pendidikan Gorontalo Adakan Bimtek Penyusunan Laporan Dana BOS dan BMD 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Dana…

3 hari ago