Gorontalo

Beri Bantuan Rp 7,9 Miliar, Menteri KP Dorong Nelayan Gorontalo Memanfaatkan KUR

Menteri KP Edhy Prabowo didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan sejumlah kepala daerah menabur benih udang vaname di Mootinelo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, Kamis (11/6/2020). Di tambak rakyat itu Edhy melepas 28 ribu benih lobster dan menyerahkan bantuan senilai Rp7,9 miliar untuk lima kabupaten dan kota. (Foto: Salman-Humas)

PROSESNEWS.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo, dorong nelayan pembudidaya untuk memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) untuk membiayai modal budidaya perikanan. Ia menyebutkan, pemerintah mengalokasikan Rp 195 triliun melalui jasa perbankan dengan bunga yang rendah.

Dijelaskannya, KKP juga mengalokasikan Dana Bantuan Layanan Umum (BLU) untuk kredit modal kelautan perikanan. Kredit lebih nurah dari KUR itu diharapkan bisa diakses nelayan secara berkelompok melalui rekomendasi pemerintah daerah.

“Di KKP kita punya anggaran Rp 1 triliun untuk BLU. Syaratnya benar benar masyarakat serius untuk dibantu. Jangan nanti dibantu tapi dananya tidak digunakan atau dipakai untuk yang lain,” jelas Edhy.

Menteri Edhy berharap nelayan di Gorontalo makin serius untuk budidaya dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan. Salah satu caranya dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar pemerintah kabupaten, kota, provinsi hingga KKP.

“Yang jelas tidak ada lagi program pusat yang tidak diketahui daerah. Gubernur tidak harus ketemu saya. Gubernur cukup mengutus Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. Begitu juga bupati, pasti kami layani,” pungkasnya.

Selain memberikan masukan terhadap nelayan, dalam kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo, menyerahkan bantuan senilai Rp 7,9 Miliar untuk nelayan di lima kabupaten dan kota saat menabur benih udang vaname di Desa Mootinelo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (11/6/2020).

Bantuan terdiri dari Rp 4 miliar untuk Kabupaten Gorontalo Utara, Rp 185 juta untuk Kota Gorontalo, Rp 3,24 miliar untuk Bone Bolango, Rp 289 juta untuk Boalemo serta Rp250 juta untuk Kabupaten Pohuwato. Bantuan untuk bioflok, premi asuransi perikanan bagi pembudidaya ikan kecil, benih ikan nila serta sarana dan parasarana budidaya. (Ads)

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

23 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago