Traveling

Bersama Suku Polahi, Mahasiswa Politeknik Gorontalo Lakukan Kegiatan Agroforestri

Mahasiswa Politeknik Gorontalo bersama sejumlah warga Suku Polahi. (Foto : Istimewa)

PROSESNEWS.ID – Belum lama ini, mahasiswa Politeknik Gorontalo melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021 di Suaka Margasatwa Nantu yang terletak di Desa Pangahu, Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 17-18 April 2021 tersebut, merupakan ajang paling spektakuler bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Di mana, kegiatan ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sebelumnya melalui tahap seleksi yang panjang, Politeknik Gorontalo berhasil lolos. Sehingga mendapatkan pendanaan dari KementerianPendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, untuk mengikuti kegiatan PKM Tahun 2021.

Kegiatan tersebut menjadi menarik, karena kegiatannya difokuskan pada Suku Polahi. Diketahui Suku Polahi memang sudah lama tinggal dan mendiami Hutan Suaka Margasatwa Nantu-Boliyohuto.

Sebagaimana diketahui pula, bahwa Hutan Suaka Margasatwa Nantu-Boliyohuto, adalah kawasan konservasi yang sangat dilindungi.  Sehingga tidak bisa dilakukan penebangan pohon di hutan tersebut. Di sisi lain, untuk bertahan hidup, para Suku Polahi ini, melakukan penebangan pohon dengan maksud ditanami jagung.

“Hal inilah yang menjadi dasar kegiatan PKM-PM mahasiswa Politeknik Gorontalo kepada Suku Polahi,”kata Ketua tim PKM-PM, Rum Laindi.

Selama kegiatan berlangsung, 2 tim mahasiswa yang terdiri dari 3 Prodi Politeknik Gorontalo tersebut, didampingi oleh petugas dari BKSDA Wilayah II Gorontalo dan juga seorang warga untuk membantu dalam berkomunikasi dengan Suku Polahi.

“Kegiatan ini sangat mendapatkan antusias besar dari BKSDA Wilayah II Gorontalo yang diwakili oleh Bapak Arif selaku kepala resort di Hutan Suaka Margasatwa Nantu-Boliyohuto,”ujar Rum Laindi.

“Karena itu Bapak Arif sangat bangga dan berterima kasih karena Kegiatan PKM-PM ini bisa mendekati Suku Polahi bahkan bisa mengajak mereka untuk ikut terlibat saat melakukan kegiatan Agroforestri,”imbuhnya.

Rum Laindi mengatakan, alasan ingin memilih Hutan Nantu, karena tertarik dengan kehidupan sosial dari Suku Polahi. Namun saat melakukan kunjungan pertama Kali kata Rum, awalnya pihaknya takut.

“Awalnya, kami tidak diterima karena Suku Polahi tidak ingin bertemu dengan kami. Namun, melalui pendekatan yang terus menerus, akhirnya mereka menerima kami, setelah pertemuan ketigalah kegiatan kami ini mereka terima dan mau untuk bekerja sama,”ujarnya.

Rum Laindi menambahkan, selama ini Suku Polahi memang sangat sulit didekati, sehingga untuk memberikan pemahaman tentang pelarangan menebang pohon secara ilegal tidak pernah tersampaikan dengan baik.

Kegiatan PKM Politeknik Gorontalo di Hutan Nantu, antara lain :

1. Memberikan pemahaman tentang bahaya menebang pohon pada lereng yang miring.

2. Mengajak untuk menjaga Hutan Suaka Margasatwa Nantu-Boliyohuto sebagai hutan lindung.

3. Mengajarkan cara penanaman Agroforestri dengan sistem terasering.

4. Mengajarkan penanaman sayuran melalui hidroponik.

Wakil Direktur 1 Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama Politeknik Gorontalo, Salman Suleman, S.Si, S.Kom mengungkapkan, dari awal ia sudah sangat mendukung kegiatan PKM tersebut, ketika pertama kali membaca judul proposal yang diperlihatkan kepadanya.

“Karena pembahasan tentang Suku Polahi masih sangat jarang ditemukan. Apalagi kegiatan ini hasil akhirnya berupa jurnal terakreditasi, menjadikan kualiatas kegiatan sangat baik untuk bidang akademik,”pungkasnya.

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

16 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

19 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

21 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago