Pemprov Gorontalo

Biro Organisasi Gelar Rapat Koordinasi SP4N-Lapor

Biro Organisasi Gelar Rapat Koordinasi SP4N-Lapor

PROSESNEWS.ID – Biro Organisasi menggelar rapat koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Bertempat di ruang Dulohupa kantor gubernuran, Kamis, (8/7/2021) rakor yang dihadiri sekretaris dinas dan kepala unit pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo diharapkan dapat meningkatkan peran aktif serta dukungan setiap OPD dalam pengelolaan SP4N-LAPOR yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan tersalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba dalam sambutannya mengatakan bahwa pengelolaan pengaduan pelayanan publik merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh setiap penyelenggara kegiatan. Masyarakat pada dasarnya diberikan hak untuk mengadukan penyelenggaraan pelayanan dan pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan wajib untuk menindaklanjuti setiap aduan tersebut.

“Pada amanah uu no. 25/2009 pemerintah diwajibkan menjamin kepastian dan keterlibatan masyarakat di dalam pelayanan publik. Keterlibatan tersebut salah satunya adalah dengan melalui sarana pengaduan. Jadi kita duduk di sini karena ada salah satu hak yang harus kita pastikan dan kita jamin bahwasanya masyarakat itu diberikan wadah untuk mengadu,” ucap Darda.

Lebih lanjut Darda mengungkapkan penyelenggaraan pelayananan publik yang dilaksanakan pemerintah telah mengalami peningkatan, namun belum memenuhi harapan masyarakat. Untuk itu diperlukan pecepatan dan upaya luar biasa yaitu keluar dari rutinitas yang monoton agar menciptakan perubahan pola dan cara baru melalui gerakan satu instansi satu inovasi.

“Kepada seluruh penyelenggara pelayanan di Provinsi Gorontalo diharapkan melakukan terobosan-terobosan yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Buatlah inovasi agar masyarakat bisa tau apa yang kita kerjakan dengan memanfaatkan teknologi,” harap Darda.

Sementara itu Kepala Biro Organisasi Aryanto Husain melaporkan dalam rangka peningkatan pelayanan publik Kementerian PANRB juga telah menetapkan Tim Replikasi Inovasi Pelayanan Publik pada Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik untuk melakukan pendampingan dan memberikan penguatan kepada OPD.

“Melalui replikasi penyelenggara pelayanan publik diharapkan dapat menerapkan inovasi-inovasi terbaik,” pungkas Aryanto.

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

3 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

4 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

23 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago