Pemda Gorontalo

Cegah Kericuhan, Herman Minta Pelaksanaan Pilkada Diperketat Pengamananya

PROSESNEWS.ID – Untuk mencegah terjadinya kericuhan pada saat pelaksanaan pencoblosan, dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah, Wakil Bupati Gorontalo, Herman Walangadi, meminta diperketat pengamannya.

“Hari ini kita melaksankan apel pergeseran pasukan pengamanan TPS untuk di tempatkan di setiap TPS yang ada di Kabupaten Gorontalo, dan ini juga mengantisipasi kekacauan pada saat pencbolosan,” terangnya saat memberikan sambuatan pada Apel Pergeseran pasukan TPS pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, yang di selenggarakan oleh Polres Gorontalo, bertempat di Lapangan Sport Center (David-Tonny) Kabupaten Gorontalo, Senin, (7/12/2020).

Herman mengimbau dalam pelaksaan pemungutan suara, masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), guna mencegah klaster baru penyebaran Covid-19.

“Saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan pada saat pencoblosan surat suara, agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik sesuai harapan kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Gorontalo AKBP Ade Permana, SIK., MH, menjelaskan, dalam rangka persiapan apel kesiapan pergeseran pasukan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah kabupaten Gorontalo, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel dan kelengkapan untuk pengamanan di setiap TPS.

“Jelang H-2 personil pengamanan kami geserkan untuk di tiap-tiap TPS untuk mengecek kesiapan dari pada personil, untuk di berangkatkan ke tiap-tiap TPS , dan juga ini untuk mengantisifasi potensi kerawanan yang timbul pada saat pemungutan surat suara,” bebernya.

Diketahui, dalam pelaksanaan pengamanan di masing-masing TPS yang digeserkan oleh Polres Gorontalo berjumlah 592 persoli yang dari Polri.

“Untuk Anggota sesuai dengan jumlah pengamanan yang kita siapakan semuanya 592 untuk personil Polri sendiri,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Dandim 1314, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias mengatakan, pihaknya akan mengawal dengan ketat pada Pilkada serentak tahun 2020 ini.

“Untuk persiapan anggota TNI, Polri dan tim keamanan lainya, sekrang ini semua tim gabungan sudah siap mengamankan pada saat pemilihan berlangsung di TPS nanti,” ungkapnya

Diakhir kata, Ia juga menambahkan untuk TNI sendiri, selain menurunkan pengaman yang sudah tetap di TPS, ada juga dilakukan secara mobile.

“Anggota TNI sendiri terdiri dari 250 personil, dan 30 untuk pengamanan secara mobile,” tutupnya. (Ads)

Reporter : Rihol Igirisa

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

19 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

22 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

22 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago