Gorontalo

Cegah Virus Corona, Sejumlah Perkantoran dan Fasilitas Umum Disemprotkan Disinfektan

PROSESNEWS.ID – Guna mencegah penyebaran Virus Corona, pelabuhan, penyeberangan kapal feri, dan kantor Dinas Perhubungan serta Dinas Kominfo dan Statistik disemprotkan disinfektan. Kamis (19/3/2020).

Hal ini dilakukan Pemerintah Provinsi Gorontalo, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, seperti yang diinstruksikan Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim.

Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) ini, dimulai dari pelabuhan, penyeberangan, kantor Dinas Perhubungan serta Dinas Kominfo dan Statistik.

Kepala Dinas Perhubungan, M Jamal Nganro yang melakukan pantauan langsung dilapangan mengungkapkan, Pelabuhan dan Penyeberangan Gorontalo merupakan area publik yang cukup sibuk, mengingat aktivitas di kedua lokasi ini adalah bongkar muat barang dan pelayanan kapal feri dengan arus keluar masuk manusia yang cukup ramai.

“Untuk itu perlu antisipasi penyebaran Covid-19, salah satunya melalui penyemprotan disinfektan oleh Palang Merah Indonesia (PMI),” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, upaya ini merupakan arahan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut nomor SE 8 tahun 2020 tentang langkah siaga hadapi penyebaran virus corona di wilayah pelabuhan Indonesia.

“Direktur Jenderal Perhubungan Laut telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawahnya untuk aktif dan responsif melakukan tindakan mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah pelabuhan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Jamal Nganro meminta masyarakat dan aparatur yang menggunakan transportasi umum dapat menjaga kesehatan, menghindari menggunakan tangan secara langsung usai memegang kemudi/grip, menyeka wajah agar terhindar dari tertempelnya virus. (Ads)

“Saya berharap kepada para pengguna transportasi umum agar memperhatikan memegang kemudi/grip. Harus jaga kebersihan tangan,” imbuhnya. (Ads)

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

2 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

3 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

22 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago