KPU Boalemo

Coklit Data Pemilih di Boalemo Sudah Capai 67,83%

PROSESNEWS.ID – Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Boalemo telah mencapai 67,83%.

Anggota KPU Kabupaten Boalemo, Ali Sahab menyatakan, Coklit yang dilakukan oleh Pantarlih merupakan salah satu yang tercepat.

Pada hari pertama pelaksanaan, dalam waktu kurang dari 24 jam, Pantarlih berhasil menyelesaikan Coklit pada 545 kepala keluarga di Desa Kota Raja, Kecamatan Dulupi.

“Secara rasional, menjangkau 545 kepala keluarga dalam waktu singkat memang tampak tidak mungkin. Kami pun melakukan investigasi lapangan untuk memastikan rumah mana saja yang telah ditempelkan stiker Coklit dan bertanya kepada masyarakat apakah sudah ada petugas Pantarlih yang datang. Ternyata, di Kecamatan Dulupi, petugas Pantarlih melakukan pendataan hingga hampir tengah malam,” ungkap Ali di Kantor KPU Boalemo, Sabtu (29/6/24).

Meski Coklit dilakukan kurang dari 24 jam, Ali menyebut bahwa penyingkronan data ke website PP, PPK, KPU kabupaten/kota, dan provinsi memakan waktu satu hari karena adanya gangguan jaringan internet.

Selain Desa Kota Raja, kecepatan Coklit juga terlihat di Desa Bajo, Kecamatan Tilamuta, Desa Raharja, Kecamatan Wonosari, serta sejumlah desa di Kecamatan Paguyaman, Botumoito, dan Mananggu.

“Alhamdulillah, progres kita secara skala provinsi saat ini sudah mencapai angka 67,83%,” ungkap Ali.

Melihat progres Coklit yang sudah berada di atas 60%, Ali menyatakan pihaknya menargetkan Coklit yang dilakukan oleh Pantarlih akan selesai kurang dari sepuluh hari dari waktu satu bulan yang diberikan.

“Kami juga akan tetap melakukan sortir dan tracking terhadap kerja-kerja Pantarlih,” tutup Ali.

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

19 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

19 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

23 jam ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago