Gorontalo

Diduga Ada Penyelewengan Penyertaan Modal Bumdes Bajo

Salah satu unit perahu fiber, milik Bumdes Juang Bahari Desa Bajo, Kecamatan Tilamuta.

PROSESNEWS.ID – Sejumlah masyarakat, mempertanyakan eksistensi pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bajo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

Sebab, menurut masyarakat setempat, Bumdes yang diberi nama Juang Bahari dengan penyertaan anggaran lebih dari 300 juta tersebut, tidak ada kemajuan dan keuntungan.

“Setahu kami itu ada 315 juta dari tahun 2018. Sekarang sudah berganti pengurus. Tapi, tidak ada kemajuan usahanya pak,” ungkap salah seorang masyarakat yang tak mau menyebut namanya, Rabu, (22/07/2020).

Ia mengungkapkan, salah satu usaha yang dianggarkan Bumdes ini, yakni pengadaan 6 unit perahu fiber. Namun, sejauh ini tidak ada transparansi pengelolaannya.

“Bahkan, yang mengadakan perahu ini pak Kades langsung dan tidak melalui pengurus Bumdes. Karena, waktu itu pengurus yang lama telah memundurkan diri,” ungkapnya

Lanjut kata dia, seharusnya sebelum adanya pergantian pengurus Bumdes, Kades tidak bisa mengintervensi pengelolaan dananya. Karena itu adalah ranah pengurus Bumdes.

“Yang kami sesali, Kades ini terkesan melampaui pengurus dengan mengambil kebijakan sendiri. Padahal ini ranah atau tupoksi dari para pengurus Bumdes,” cetusnya

Kalau pun mengalami kekosongan pengurus lanjut dia, seharusnya Kades yang bersangkutan berupaya menormalkan pengurus terlebih dahulu. Jangan sewenang-wenang mengambil kebijakan.

Ia menegaskan, selaku masyarakat dirinya berhak mengetahui perkembangan yang ada di Desanya. Apalagi, berkaitan dengan Bumdes yang notabene diambil dari Dana Desa (DD) milik semua masyarakat.

“Kami sangat menduga, banyak sekali permainan yang mengarah ke penyelewengan dana Bumdes ini. Semoga bisa di usut oleh pihak-pihak yang berwajib,” harapnya

Hingga berita ini diterbitkan, pengurus Bumdes Juang Bahari, masih enggan dan belum memberikan klarifikasinya. (Majid Rahman)

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

15 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

17 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

18 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

20 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago