Daerah

Dihadapan Kemendagri, Bupati Pohuwato Paparkan Kondisi Daerah

Bupati Saipul saat mengikuti pemaparan dihadapan Kemendagri via zoom. (Foto : Istimewa)

PROSESNEWS.ID – Bupati Kabupaten Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mengikuti pemaparan via zoom rencana aksi pada kegiatan pembekalan kepemimpinan bagi Kepala Daerah hasil Pilkada serentak Tahun 2020, Rabu, (04/08/2021).

Kegiatan ini digelar oleh Badan pengembangan sumber daya manusia (BPSDM) Kemendagri. Dari lima Kepala Daerah yang mengikuti kegiatan tersebut, Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga menjadi pembicara kedua.

Tak tanggung-tanggung, pada kesempatan itu, sang khalifah Pohuwato melaporkan rencana aksi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Pohuwato, Tahun 2021-2026.

Mulai dari gambaran umum tentagn kondisi Kabupaten Pohuwato yang terdiri dari 13 kecamatan, 101 desa, 388 dusun, 12 lingkungan, 45.805 kepala keluarga, 147.486 jiwa, 5 agama dan 13 suku.

Kemudian beberapa potensi Daerah, seperti pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata, pertambangan, kehutanan, serta potensi industri, perdagangan dan investasi.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Panua Pohuwato ini, menyampaikan beberapa kondisi sulit Pohuwato, seperti rawan bencana banjir, longsor dan pula gempa bumi.

Tak hanya itu, Saipul juga merumuskan permasalahan dan isu strategis Daerah. Di antaranya, masih rendahnya derajat kesehatan masyarakat, output pendidikan yang belum kompetitif dan berkarakter, ancaman kerawanan dan ketertiban umum, infrastruktur wilayah yang berlum merata dan optimal, nilai budaya dan adat yang mulai pudar.

Namun, di samping itu kata Saipul, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, menyiapkan sedikitnya 9 agenda prioritas pembangunan Daerah.

“Alhamdulillah, paparan rencana aksi pembekalan kepemimpinan Pemerintahan dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/wakil wali Kota angkatan I-VI gelombang 1 dan 2 telah selesai,” tutur Saipul.

“Tentu, apa yang disampaikan berupa masukan dan lainnya menjadi catatan bagi kami. Insyaallah, ke depan akan dioptimalkan,”pungkasnya.

Reporter : Iskandar Badu

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago