Pemprov Gorontalo

Dinas Dikbudpora Berhasil Bangkitkan Semangat Masyarakat Menyintai Bele Uto

PROSESNEWS.ID – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo meramaikan semarak Festival Bele Uto yang digelar Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Selasa (25/8/2020).

Bele uto, busana tradisional merupakan kearifan lokal masyarakat Gorontalo berupa kain sarung yang digunakan untuk menutupi wajah dan badan. Busana ini dilombakan agar generasi saat ini lebih mengenal dan mencintai tradisi daerah Gorontalo.

Kepala Dinas Dikbudpora, Yosef Koton saat menutup festival mengimbau agar bele uto bisa dibudayakan kembali oleh masyarakat, apalagi sangat relevan dengan kondisi saat ini yang terjadi wabah Covid-19, busana ini bisa menjadi pelindung diri.

“Jika ini sudah membudaya di kalangan masyarakat, ini sangat luar biasa sehingga budaya para leluhur kita akan terus terjaga dan ke depan akan kita buatkan lomba-lomba seperti ini jadi penampilan saya himbau lebih ditingkatkan lagi,” kata Yosef Koton.

Sejumlah peserta mengaku sangat senang mengikuti festival ini. Bele uto yang identk dikenakan kaum wanita dewasa kini hadir dengan sajian yang menawan, kaum muda pun tidak risih untuk mengenakan pada acara-acara adat septi pada masa keemasaanya dulu.

“Kami bangga menegnakan bele uto, kalau didesain bagus, bahan enak dikenakan dan warna yang sesuai, bele uto sangat indah dkenakan dan kami bangga memakainya,” kata Wisnawaty Saleh, salah seorang peserta lomba.

Dalam festival yang menggugah emosi masyarakat ini terpilih 6 OPD sebagai penyaji terbaik, mereka mendapat piagam dan hadiah. Festival bele uto tahun ini dimenangkan oleh utusan Dinas PMD- Capil, Dinas PUPR, Badan Kesbangpol, Bapedda, Dinas Pariwisata dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD). (Ads)

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

4 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

8 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

9 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago