Nasional

Diperlukan Cara Baru Memanfaatkan Pancasila di Era Transformasi Digital

Presiden Joko Widodo

PROSESNEWS.ID – Diperlukan terobosan baru dalam menginternalisasi setiap nilai-nilai Pancasila, di era transformasi digital saat ini. Sehingga, pengguna ruang digital dalam negeri dapat menerapkannya ketika berselancar di dunia digital.

“Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa untuk memanfaatkan Pancasila dalam disrupsi teknologi di era 5G,” kata Presiden Joko Widodo melalui siaran langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Selasa, (01/06/2021).

Menurut Kepala Negara, setiap nilai- nilai dalam Pancasila, harus menjadi pondasi dasar bagi setiap masyarakat dalam menggunakan ruang digital. Dengan begitu, berbagai ancaman buruk bagi pengguna ruang digital dapat diantisipasi pada beberapa waktu ke depan.

Mengingat, melalui berbagai infrastruktur konektivitas telekomunikasi yang kini telah dibangun oleh pemerintah. Dapat memudahkan antar masyarakat di dalam maupun luar negeri dapat saling berinteraksi.

“Pancasila harus menjadi pondasi dalam kegiatan masyarakat di ruang digital,”imbuhnya.

Presiden mengajak, seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi aktif, memperkokoh nilai Pancasila di dalam negeri. Sebab, diperlukan bantuan dari berbagai pihak dalam menginternalisasi nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan.

Adanya partisipasi tersebut, niscaya nilai Pancasila akan segera diterapkan oleh berbagai lapisan masyarakat ke depan. Karena, seluruh kalangan ikut menggelorakan nilai-nilai tersebut dalam kehidupannya.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu. Bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,”pungkasnya. (Infopublik)

Recent Posts

UNG dan UGM Laksanakan KKN Kolaborasi untuk Pemberdayaan Masyarakat di Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dalam mendorong pemberdayaan…

5 menit ago

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

26 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago