Pemprov Gorontalo

Disdikbud Provinsi Gorontalo Berkomitmen Bangkitkan Eksistensi Museum Purbakala

PROSESNEWS.ID — Dalam memeriahkan hari Museum Nasional 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Gorontalo melalui UPTD Museum Purbakala Popa Eyato menggelar lomba mewarnai yang diikuti oleh 100 siswa SD kelas 1 dan 2 se-Provinsi Gorontalo di Halaman UPTD Museum Purbakala Provinsi Gorontalo, Senin (25/09/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, Rusli W. Nusi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong minat anak-anak dalam dunia pendidikan.

Rusli juga mengungkapkan, beberapa waktu yang lalu, SMA 7 Gorontalo juga telah mengadakan kegiatan di Museum Popa Eyato. Hal ini menunjukkan upaya positif dalam memanfaatkan museum sebagai sarana edukasi.

“Museum purbakala diharapkan tidak hanya menjadi tempat penyimpanan barang-barang antik saja, akan tetapi bisa menjadi media pembelajaran, wisata, serta edukasi bagi siapa saja yang berkunjung di museum ini,” tutur Rusli.

Rusli berharap, museum purbakala akan semakin menarik minat masyarakat, terutama anak-anak SD dan SMP, untuk datang dan belajar. Dengan luasnya lahan museum, rencananya akan dikembangkan berbagai fasilitas dan kegiatan edukatif.

“Langkah-langkah ini adalah bagian dari harapan kami untuk melihat lebih banyak masyarakat yang tertarik dan berkunjung ke museum ini, baik untuk tujuan pendidikan maupun wisata,” pungkasnya.

Reporter: Yowan Moha

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

9 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago