Daerah

Dispar Boalemo Tetap Optimis Sukseskan Fetival Pesona Boalemo 2021

Kepala Dinas Pariwisata Boalemo, Yakop R. Musa. (Foto : Majid/Prosesnews.id)

PROSESNEWS.ID – Meski dalam situasi pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Boalemo, tetap optimis sukseskan Festival Pesona Boalemo yang rencananya pada Oktober 2021 mendatang.

Bicara kesiapan kata Kepala Dispar Boalemo Yakop R. Musa, saat ini dari sisi administrasi sudah siap. Kesiapan ini telah dipaparkan di hadapan Plt Bupati Boalemo, serta seluruh Pimpinan OPD Boalemo, pada pekan lalu.

Adapun administrasi berupa rekomendasi kegiatan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, terkait dokumen proposal yang telah disempurnakan sebagaimana Petunjuk Teknis (Juknis) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), juga sudah dilaporkan ke Pemerintah Pusat.

“Dari sisi administrasi kami sudah siap,”ujar Yakop Musa kepada Prosesnews.id, Minggu, (18/07/2021).

Saat ini yang masih terus ditunggu belum ada informasinya kata Yakop, adalah dukungan anggaran dari Kemenparekraf. Informasi terkait ini katanya, memang nanti pada Agustus 2021, dengan syarat setelah terbitnya izin dari Kepolisian.

Mantan Penjabat Sekda Boalemo mengemukakan, untuk izin dari Kepolisian sendiri, pengurusannya menjadi tanggungjawab pihak Panitia Tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Boalemo.

Baca Berita Terkait : Pemkab Boalemo Persilahkan Pihak Swasta Suksesksan Festival Pesona Boalemo 2021

“Demikian pula kami telah mengusulkan pengalokasian anggaran dari APBD Boalemo, sebab saat ini anggaran untuk Festival Tahun 2021, sudah direfocusing dan direalokasi sejak Maret 2021 lalu. Jadi, sama sekali alokasi anggaran Festival di Daerah di Dispar Boalemo saat ini 0 rupiah,”bebernya.

Namun, dikatakan mantan Asisten 3 Pemkab Boalemo tersebut, pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin dari segi anggaran dimaksud. Diantaranya, meminta dukungan pastisipasi dari pihak yang siap sebagai sponsor.

“Dan Alhamdulillah, saat ini sudah ada dari pihak Forum Halal Touruzm (FHT) selaku investor  yang bergerak di industri pariwisata, akan mendukung sepenuhnya acara festival kita,”ungkapnya.

Baca Juga : Nikmati Keindahan Wisata Alami Pantai Bolihutuo

Lebih lanjut Kadispar Boalemo mempersilahkan, jika ada pihak-pihak ketiga lainnya yang tidak mengikat, untuk dapat bersama-sama berpartispasi menyukseskan kegiatan Festival Pesona Boalemo.

“Kami berharap partisipasi dari pihak ketiga yang tidak mengikat juga dari pihak Perbankan,”imbuhnya.

Sebelumnya, sekitar 3 Bulan yang lalu, Kabupaten Boalemo telah ditetapkan oleh Kemenparefkraf Sandiaga Salahuddin Uno, masuk pada program Kemenparekraf RI, yakni Kharisma Event Nusantara (KEN) bersama sejumlah Kabupaten dan Kota lainnya di Indonesia.

Editor : Majid R

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

4 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

5 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

6 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

11 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

11 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

15 jam ago