Kab. Buton Tengah

DPRD Buteng Sebut Pembangunan Fisik Bukan Indikator Keberhasilan

DPRD Buteng Sebut Pembangunan Fisik Bukan Indikator Keberhasilan

PROSESNEWS.ID, BUTON TENGAH – Anggota legislatif (Aleg) dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tasman, menyebut kalau banyaknya pembangunan fisik dalam satu daerah bukan merupakan satu tolak ukur keberhasilan pembangunan.

Pasalnya untuk mengukur itu, menurutnya ada banyak aspek yang harus dilihat. Misal dengan melihat Indeks Pembangunan Manusianya (IPM).

“Dengan IPM, suatu daerah saya kira kita bisa melihat seberapa besar pembangunan yang kita lakukan. Implikasi terhadap masyarakat, karena jangan lupa bahwa ujung dari semua pembangunan yg kita lakukan ini adalah untuk masyarakat,” ucap Tasman melalui sambungan telepon, Selasa (19/04/2022) malam.

Yang lebih mengecewakan lagi, lanjut Tasman, selama beberapa tahun terakhir IPM Buteng berada paling dasar diantara 17 Kabupaten/Kota se- Sulawesi Tenggara (Sultra).

“IPM ini memberikan gambaran bagi kita bagaimana masyarakat dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan aspek lainnya,” katanya

“Disamping itu IPM juga untuk mengukur level pembangunan di daerah yang dapat dijadikan basis data strategis ukuran kinerja Pemerintah  Daerah. Nantinya oleh Pemerintah pusat digunakan sebagai alokator penentuan Dana Alokasi Umum ( DAU ),” sambungnya.

Usai menjabarkan itu, Tasman kemudian menyentil pemda karena bangga dengan keberhasilan pembangunan fisiknya.

Meski diakui ada beberapa peningkatan yang cukup seperti kualitas jalan Kabupaten yang membaik.

“Panjang jalan Kabupaten di Buteng sekitar 284, 96 km. Kondisi jalan yang baik lebih kurang 63 persen atau lebih kurang 180 km sampai tahun 2021 kemarin,” ungkapnya.

Jika ada penambahan anggaran untuk pembangunan jalan di tahun 2022 ini, masih kata Tasman, dimungkinkan pertambahan perbaikan jalan Kabupaten akan terus meningkat.

“Hanya saya sayangkan adalah tidak sempatnya di bangun kantor Bupati dan Kantor DPRD dan yang ada hanya pematangan lahannya. Padahal pembangunannya sangat penting dan strategis karena itu adalah sentrum dari semua pelayanan kepentingan masyarakat Buteng,” kunci Tasman.

Reporter: Win

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

1 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

5 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

6 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago