Dekab Pohuwato

DPRD Pohuwato Gelar Rapat Dengar Pendapat Polemik Hutan Desa

PROSESNEWS.ID – Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Pohuwato gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait polemik Pengelola Hutan Desa (Lhpd) yang berada di Desa Hulawa dimana disinyalir akan dijadikan lahan hutan milik negara.

RDP yang dipimpin ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi, serta didampingi ketua Komisi III, Beni Nento dan jajaran anggota DPRD gabungan Komisi II dan III, berlangsung di Aula Paripurna DPRD, Selasa (18/7/2023).

Pada saat itu, ketua Komisi III Beni Nento menyoroti sikap perusahaan yang dianggap tidak menjalin koordinasi dengan masyarakat yang berada di Desa Hulawa itu sendiri.

“Lebih banyak lagi berkoordinasi dengan masyarakat, kasian masyarakat. Dari awal kita welcome kepada perusahaan yang kata pak Boyke perusahaan mengedepankan martabat, tapi martabatnya dimana,” ungkapnya.

Selanjutnya, Beni juga, menyinggung aktivitas pekerjaan lahan yang notabenenya lahan tersebut milik masyarakat Desa Hulawa yang sejatinya masyarakat menggantungkan hidup dari lahan tersebut.

“Silahkan bekerja, tapi tolong dilihat dulu siapa punya lahan, siapa punya kelapa, palig tidak diganti rugi karena tanaman itu mereka punya sejak puluhan tahun dan bahkan mereka menghidupi rumah tangganya,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, External Affairs Manager Pani Gold Project (Pgp), Mahesha Lugiana mengatakan, bahwa pihaknya senantiasa membuka ruang terhadap permasalahan yang ada, bahkan, menurutnya, pihaknya selalu bersikap welcome terhadap masyarakat yang datang untuk melakukan diskusi ataupun sharing terkait berbagai polemik yang terjadi antara perusahaan maupun masyarakat pada umumnya.

“Kami membuka ruang dalam artian seperti ini, bilamana ada dinamika dilapangan silahkan bapak ibu yang terdampak misalkan, itu bisa kekantor berdiskusi, kita tinjau barang kelapangan. Karena selama ini, hal itu kami lakukan. Kami welcome bilamana beberapa warga memiliki keluhan, kami akan terima itu dikantor,” pungkasnya.

Sebagai informasi, RDP tersebut turut menghadirkan jajaran Pani Gold Project, Sekretaris Daerah (Sekda) Iskandar Datau, Kepala Desa Hulawa Erna Giasi, pihak KPH, Camat Buntulia, hingga Masyarakat Desa Hulawa.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago