DPRD Kota Gorontalo

DPRD Soroti Polemik Sampah dan Kinerja DLH Kota Gorontalo

Darmawan Duming

PROSESNEWS.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo, menyoroti kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo, terkait polemik sampah yang tak kunjung usai dikeluhkan warga.

Aleg PDI Perjuangan, Darmawan Duming menilai, polemik sampah ini masih menjadi momok menakutkan di Kota Gorontalo. Sebab, selain menimbulkan bau yang busuk, juga berpotensi menimbulkan banjir.

“Hampir setiap hari ada keluhan warga yang masuk di kami. Rata-rata hanya masalah sampah dikawasan mereka tinggal, yang tak kunjung diangkut oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup,” kata Darmawan Duming.

Darmawan berharap, polemik sampah ini bukan hanya teori semata oleh pemerintah Kota Gorontalo, namun harus menjadi perhatian khusus, guna memberikan kenyamanan bagi warga.

“Jangan hanya teori terus yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota. Tapi seharusnya Walikota Gorontalo mendesak DLH, untuk intens menangani sampah di Kota Gorontalo ini,” tambahnya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Aleg Fraksi Demokrat, Muckhsin Brekat. Upaya Pemerintah Kota Gorontalo dalam menangani polemik sampah, hanya sia-sia. Sebab, alih-alih menuntaskan masalah sampah, justru tumpukkan sampah makin bertambah banyak di Kota Gorontalo.

“Sampah ini semakin kesini semakin bertebaran dimana-mana. Dengan beragam cara dilakukan, tetapi bukan malah berkurang produksi sampah, namu makin hari makin banyak sampah yang bertebaran, ini mungkin butuh penanganan khusus” kata Muchsin.

Muchsin berharap, Pemerintah Kota lebih selektif didalam hal penempatan anggaran, agar nantinya hal-hal prioritas seperti penanganan sampah apat ditanggulangi.

“Kalau begini caranya, Pemerintah harus selektif dalam hal anggaran. Misalkan ada anggaran yang tidak terlalu prioritas, bisa dialihkan ke penanganan sampah. Agar Kota Gorontalo bebas dari sampah, dan terlihat asri kembali,” tutup Muchsin Brekat.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago