Pemprov Gorontalo

dr. Aloei Saboe Bakal Dianugrahi Gelar Pahlawan Nasional

Berkas:Prof. Dr. dr. Aloei Saboe.png foto https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Prof._Dr._dr._Aloei_Saboe.png

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo kembali menggelar pertemuan dengan Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) untuk mematangkan pengusulan Prof. Dr. dr. H. Aloei Saboe menjadi pahlawan nasional.

Pada pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Wakil Gubernur Gorontalo, Rabu (20/1/2021), Dinas Sosial Provinsi Gorontalo dan TP2G memaparkan sejumlah arsip dan dokumentasi tentang perjuangan Aloei Saboe yang telah berhasil dihimpun.

“Arsip dan dokumentasi ini merupakan salah satu syarat yang harus kita penuhi dalam proses pengusulan Aloei Saboe menjadi pahlawan nasional. Pertemuan hari ini untuk melihat dan mengevaluasi dokumen apa saja yang masih perlu dilengkapi,” kata Wagub Idris Rahim saat memimpin pertemuan itu.

Secara bertahap Pemprov Gorontalo bersama TP2G akan melakukan finalisasi terhadap seluruh arsip dan dokumentasi perjuangan Aloei Saboe.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Muhammad Nadjamudin menjelaskan, setelah semua arsip dan dokumen terkumpul, proses selanjutnya adalah menggelar seminar sebelum nantinya akan diusulkan ke Kementerian Sosial RI paling lambat April 2021.

“Finalisasinya paling lambat minggu kedua Maret 2021. Nantinya setelah diseminarkan akan kita usulkan ke Kemensos untuk direview, kemudian diserahkan ke tim nasional untuk diteliti lagi dan selanjutnya diusulkan ke Presiden,” jelas Muhammad Nadjamudin.

Sementara itu anggota TP2G Basri Amin optimis dan yakin jika Aloei Saboe akan menjadi pahlawan nasional dari Gorontalo. Keyakinannya tersebut didasarkan atas hasil riset terhadap biografi Aloei Saboe. Basri menuturkan, dari segi dokumentasi tim berhasil menghimpun bukti yang dibagi dalam tiga kelas, yaitu sejumlah lencana dan piagam, bukti perjuangan Aloei Saboe sebagai dokter dan pejuang, serta dokumen publikasi media baik yang ada di Jawa Barat, Gorontalo, maupun media nasional.

“Semuanya sudah lengkap. Lencana dan piagam yang diterima oleh Aloei Saboe adalah bukti pengakuan negara terhadap perjuangan beliau. Kami yakin, putra daerah yang kita usulkan ini akan menjadi pahlawan nasional,” tandasnya. (rls/ads)

 

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

16 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

19 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

21 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago