Kab. Buton Tengah

Duduk di Galampa Dhahuwali Benteng Ombonowulu, Azhari Angkat Sumpah

PROSESNEWS.ID — Bakal Calon Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr Azhari, S.STp, M.Si, pada Minggu (29/10/2023) diambil sumpahnya oleh sejumlah petinggi adat sara Ombonowulu seperti Bonto, Imam, Waci, Biysa Koopa’no dan Kamokula (pernah menjabat Bonto) di Galampa Dhaduwali (tempat suci atau keramat).

Dalam sumpah tersebut, Dr. Azhari menyatakan niatannya kembali ke kampung halaman adalah untuk membangun daerah.

Ia menggambarkan niat ini sama dengan ketika ia berada di Kolaka, di mana ia berupaya membangun kampus negeri di Buton Tengah, yaitu Kampus USN Kolaka Buteng.

“Niat saya masih sama saat membawa kampus USN Kolaka Buteng, untuk kemajuan daerah kita,” katanya.

Meskipun usianya tidak lagi muda, Dr. Azhari berkomitmen untuk mendedikasikan hidupnya bagi kemajuan daerah

“Umur saya kurang lebih 46 tahun. Di umur ini saya ingin membangun daerah saya. Kunjungan saya ini ingin membalas kunjungan para orang tua saya dulu yang ke Kolaka (afoni ta iyni ni abalasi kunjungando kakamkulaiku bae amaku sumampuno wae Kolaka),” ujarnya.

Dr. Azhari menjelaskan ia tidak memiliki alasan lagi untuk menolak permintaan dari orang tua dan leluhurnya, serta ia berkomitmen untuk menjalankan niatnya dengan sungguh-sungguh.

Dia juga menyebut semua syarat yang dulu diminta, seperti KTP dan tanda tangan, telah terpenuhi dalam waktu sekitar 2 bulan.

Olehnya itu, terangnya, melalui kesempatan tersebut Azhari menyimpan kata atau sumpah bahwa dirinya akan tampil maksimal dalam perhelatan pesta demokasi lima tahunan di 2024 mendatang.

“InsyaAllah saya maju Bupati, niat ini untuk memperbaiki kampung halaman, kita buat yang terbaik untuk anak cucu kita. Kalau niatan ini hanya untuk mencari popularitas dan jabatan saya tau konsekuensinya karena saya mengucapkan ditempat yang kramat (dhaduwali),” jelasnya.

Sehingga melalui kesempatan itu, Azhari, meminta doa kepada semua perangkat adat Ombonowulu agar perjalanan menuju orang nomor satu Buteng bisa berjalan mulus.

“Saya akan kembali ke sini lagi (di dhaduwali) jika saya telah mendapatkan pintu (partai) untuk mendaftarkan diri menjadi calon Bupati. Kalau niatan saya untuk memperkaya diri semoga Allah memberi saya keleluasaan,” tandasnya.

Dalam kunjungannya ke Galampa Ombonowulu, Dr. Azhari ditemani oleh istri tercinta, Prof. Husna Faad Maode, serta beberapa tokoh seperti H. Arsidik, H. Fatahullah, Dr. Herman, dan beberapa akademisi dan budayawan Buton, termasuk La Yusri.

Setelah dari Galampa Ombonowulu, Azhari kemudian ditemui oleh sejumlah petinggi adat desa Lolibu. Disana beliau disyarati dan didoakan untuk kelak memimpin Buteng.

Repoter: Win

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

20 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

21 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago