Gorontalo

Duel 3 Kepala Daerah, Nelson dan Hamim Segera Siapkan Diri, Marten Sudah ‘Bergerilya’

Ilustasi Pemilu 2024

Penulis : Helmi Rasid

PROSESNEWS.ID, OPINI – Jika tak ada hambatan, Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan berlangsung 2024 akan berlangsung. Kepala Daerah yang sudah berakhir masa jabatan di 2 periode, mau tidak mau harus segera mempersiapkan kuda-kuda untuk ikut bertarung. Terkecuali, tidak akan berkiprah lagi di eksekutif.

Setidaknya ada 3 Kepala Daerah yang sudah akan berakhir masa jabatan dua periode. Ada Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo serta Wali Kota Gorontalo Marten Taha.

Dari 3 Kepala Daerah ini, dua di antaranya belum terlalu nampak untuk ikut bertarung di Pilgub. Berbeda dengan Marten Taha, yang sudah mulai ‘bergeliria’ masuk ke daerah-daerah. Meskipun kunjungan itu, baru sebatas penyerahan bantuan sosial. Namun, sebagai politisi, semua ada nilai positif. Sepertihalnya yang dilakukan di beberapa daerah.

Sementara Nelson Pomalingo, masih terlihat malu-malu untuk menyatakan sikap untuk bertarung di Pilgub mendatang. Dan Hamim Pou masih merasa belum percaya diri mengambil sikap ikut bertarung. Sebab, wacana Rachmat Gobel yang bakal ikut mencalonkan diri di Pilgub, seakan membuat Hamim tak percaya diri.

Jika Rachmat Gobel turun gunung, ikut meramaikan bursa Pilgub, Hamim Pou hanya ada dua pilihan. Maju di Legislatif Daerah atau pusat.

Ada pepatah yang mengatakan, siapa cepat dia dapat. Bisa jadi pepatah itu yang memotivasi Marten Taha. Tak bisa di pungkiri juga, garis tangan tuhan menentukan siapa yang beruntung menjadi Gubernur Gorontalo mendatang. Namun, dari sejarah perjalanan politik Marten Taha, keberuntungan selalu berpihak pada dirinya.

Untuk Pilgub mendatang, akankah keberuntungan itu masih berpihak pada Marten Taha atau tidak, semua itu akan dibuktikan di 2024. Dalam duel 3 Kepala Daerah nanti, perlu di waspadai gerakan senyap dari politisi-politisi lain. Sepertihalnya, Elnino Mohi dan Idah Syahidah serta Syarif Mbuinga.

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

4 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

5 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

7 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

11 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

11 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

15 jam ago