Pemkot Gorontalo

Dukung Usaha Pertanian, Pemkot Gorontalo Berikan Bantuan pada Petani

PEROSESNEWS.ID – Dalam rangka mendukung usaha pertanian, Pemerintah Kota Gorontalo, berikan bantuan pada petani. Bantuan yang diserahkan berupa, benih padi, polis dan klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), serta memberikan bibit ternak kambing, ayam dan pakan, bertempat di halaman Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Gorontalo, Kamis, (19/11/2020).

Wali Kota Gorontalo, Ryan F. Kono, mengatakan, Pemerintah kota Gorontalo, mengalokasikan anggaran melalui APBD II, yaitu, berupa pengadaan Buffer Stock benih padi, yang akan diberikan kepada petani, untuk musim tanam berikutnya.

“Adapun juga dialokasikan prmai Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), untuk menjamin petani tidak mengalami kerugian yang lebih besar, ketika terjadi musibah akibat kekeringan, banjir, ataupun serangan hama dan penyakit tanaman,” katanya, saat memberikan sambutan pada kegiatan penyerahan bantuan.

Tambahnya, terdapat pula dukungan berupa subsidi pupuk, peminjaman alat, dan mesin pertanian secara gratis, serta pengadaan bibit ternak kambing, ayam dan pakannya.

Dijelaskannya, semua ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Gorontalo, terhadap masyarakat petani, untuk meningkatkan produksi pertanian, sekaligus motivasi agar bisa mempertahankan eksistensi Usaha Pertanian.

Ia menuturkan, pembangunan pertanian di Kota Gorontalo, walaupun dengan potensi yang sangat kecil, masih tetap mendapatkan perhatian melalui program, atau kegiatan dari Kementerian Pertanian RI, melalui dana APBN TP, dan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo melalui Dana APBD I, disamping program yang diadakan di Kota Gorontalo melalui dana APBD II agar mendorong tercapainya kesediaan pangan yang cukup, aman, halal, dan beraneka ragam.

“Pemerintah Kota Gorontalo bersama masyarakata tani di daerah ini, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Gorontalo, yang telah memberikan perhatian, dan kepedulian kepada kelompok tani di Kota Gorontalo, dalam dukungan dan bantuannya ini, guna meningkatkan produksi pertanian, untuk pendapatan petani berserta keluarganya.

Terakhir, Ryan juga mengucapkan terima kasih, kepada Pihak Asuransi PT Jasindo, yang telah menjadi mitra petani dan Pemerintah, yang selalu memberikan solusi bagi petani yang gagal panen.

Reporter : Novan Lahmudin

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

23 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago