Pemprov Gorontalo

E-Kinerja: Transformasi Pengelolaan Kinerja PNS di Provinsi Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo telah mengambil langkah inovatif dengan memperkenalkan sistem e-Kinerja melalui sosialisasi yang dilaksanakan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Gorontalo, Jumat (11/9/23).

E-Kinerja sendiri merupakan aplikasi yang dirancang oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk merevolusi pengelolaan kinerja pegawai negeri sipil (ASN).

Pejabat Analis SDM Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo, Gahtan Said menjelaskan, aplikasi ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan memfasilitasi seluruh proses pengolahan kinerja pegawai, mulai dari perencanaan, sarana bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pembinaan, hingga evaluasi.

“Semuanya menggunakan satu sistem yang dikenal sebagai e-Kinerja, yang dirancang oleh BKN. Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi untuk menghadirkan sistem yang efektif dan transparan dalam mengelola kinerja ASN,” ungkap Gahtan Said usai memberikan materi sosialisasi.

Dalam kesempatan ini Gahtan Said juga mengatakan, Sistem e-Kinerja ini merujuk pada implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara. Tidak hanya itu, instruksi Gubernur No. 642 Tahun 2023 juga turut memberikan arahan terkait penyusunan SKP (Sasaran Kerja Pegawai) berbasis kinerja.

Sebelumnya, pengelolaan kinerja pegawai di Provinsi Gorontalo belum terdokumentasi secara baik dengan hanya penilaian sebagai dokumen utama. Namun, dengan e-Kinerja, setiap output kinerja ASN harus didokumentasikan, yang memungkinkan bisa mendapatkan feedback dan umpan balik dari atasan.

Untuk memastikan penerapan yang sukses, BKD telah mengambil langkah melakukan sosialisasi di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo. Gahtan Said mengungkapkan bahwa pihaknya telah dibagi menjadi tiga tim untuk mensosialisasikan penggunaan e-Kinerja kepada seluruh OPD.

“Harapan kami adalah agar ASN dapat bekerja lebih efektif dan terdokumentasi dengan baik. E-Kinerja diharapkan tidak hanya mendukung kinerja individu, tetapi juga mendukung kinerja organisasi serta mendukung pencapaian tujuan provinsi,” tambahnya.

Dengan pengenalan sistem e-Kinerja ini, Provinsi Gorontalo mengambil langkah maju dalam mengoptimalkan kinerja pegawai negeri sipilnya, menjadikan efisiensi dan transparansi sebagai landasan bagi pembangunan yang lebih baik di masa depan.

Reporter: Rijal Zulkarnaen

Recent Posts

UNG dan UGM Laksanakan KKN Kolaborasi untuk Pemberdayaan Masyarakat di Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dalam mendorong pemberdayaan…

6 menit ago

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

28 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago