Pemprov Gorontalo

FPPTI Gorontalo Gelar Training Slims 9 Bulian Bagi Pengelola Perpustakaan

PROSESNEWS.ID – Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Provinsi Gorontalo menggelar pelatihan daring Slims 9 Bulian pada Senin (2/11/2020) secara virtual.

Kegiatan yang diikuti para pengurus perpustakaan ini dibuka oleh Kepala Dinas Arpus Sul A Moito.

Mereka yang menjadi peserta pelatihan ini adalah Pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Provinsi Gorontalo, pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Kepala Perpustakaan perguruan tinggi, kepala perpustakaan sekolah SMA/SMK/MA.

Pelatihan daring Slim 9 Bulian ini berlangsung mulai Senin-Rabu (2-4/11/2020) dengan pemateri Yusron Humonggio.

Sul A Moito mengucapkan banyak terima kasih kepada tim penyelenggara yang telah bersedia menyelenggarakan pelatihan bermanfaat bagi para pengurus perpustakaan. Pelatiahn daring Slims 9 Bulian salah satu dari Integrated Library System yang sedang naik daun versi terbaru dari slims yang di rilis tahun 2020.

Di Indonesia saat ini terdapat dua ILS yaitu Slims dan Inlis lite. Kedua ILS ini sama sama didukung oleh pemerintah. Slims didukung oleh Kemendikbud dan Inlis lite di dukung oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ujar Sul.

“Kedua Integrated Slims Library tersebut juga didukung oleh masing masing komunitas yang terdiri dari pengguna diseluruh Indonesia, hal ini membuat ILS ini banyak diminati oleh perpustakaan milik instansi negeri maupun swasta di Indonesia,” kata Sul A Moito.

Bagi perpustakaan ILS sangat penting dalam memenuhi kebutuhan otomasi, karena dengan otomasi ini perpustakaan dapat mengikuti perkembangan jaman dan dapat melayani pemustaka dengan baik, cepat, dan efisien.

“Di dalam semua ILS yang digunakan terdapat fitur-fitur yang sangat berguna dan membantu dalam pekerjaan perpustakaan, namun dalam penggunaannya perlu memiliki kemampuan, pengetahuan, keahlian agar semua fitur tadi dapat berjalan sebagai mana mestinya, pelatihan ini sangat perlu untuk memanfaatkan semua fitur yang ada dengan baik,” ujar Sul Moito.

Di akhir sambutannya Sul A Moito berharap agar semua peserta dapat mengikuti acara ini dengan sebaik- baiknya dan berharap apa yang nantinya diterima dari pemateri dapat diwujudkan dalam kegiatan pengelolaan Perpustakaan sehingga menjadi lebih maju dan profesional memenuhi kebutuhan pemustaka. (Ads)

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

8 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

13 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago