Pemkot Gorontalo

Gerakan Pangan Murah, Angka Inflasi Kota Gorontalo Terendah di Indonesia

PROSESNEWS.ID — Masyarakat Kota Gorontalo antusias menyambut Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan memadati lapangan Kompi Liluwo pada Senin (16/10/2023).

Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia tahun 2023 itu menyediakan berbagai macam komoditas pangan seperti beras, telur, minyak goreng, mie instan, tepung terigu, dan juga bahan pokok dapur lainnya.

Walikota Gorontalo, Marten Taha dalam sambutannya mengatakan kegiatan GPM ini merupakan usulan serta kegiatan nasional yang dipantau langsung oleh presiden, menteri serta jajaran pejabat tinggi lainnya yang berada di pusat melalui virtual zoom.

“Jadi, meskipun kita sedang menghadapi masa kekeringan, juga harus menjaga kesehatan salah satunya kebutuhan pokok,” ucap Marten.

Komoditas bahan pokok yang dijual dengan harga murah telah dilaksanakan sebanyak 11 kali, dengan 6 kali telah tersubsidi dan 5 kali belum tersubsidi.

“Bantuan yang kami salurkan dari pemerintah pusat menawarkan harga lebih murah. Masyarakat cukup membayar sebesar Rp.50.000 atau 60% dari harga aslinya yang dijual di pasar pada umumnya dan sisa dari harganya tersebut ditanggung oleh pemerintah,” kata Marten.

Oleh karena itu, sebagai bentuk perhatian dari pemerintah daerah, diadakanlah GPM dengan penyediaan harga yang murah untuk memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga. Marten juga menegaskan, penyediaan 5 stan komoditas bahan pokok dalam acara ini adalah salah satu wujud kepedulian pemerintah kota terhadap masalah pangan di Indonesia.

“Angka prevalensi inflansi di Indonesia, Kota Gorontalo menjadi terendah dengan 1.16% dan mengantarkan Provinsi Gorontalo menjadi yang terbaik, begitupun dari pengelolaannya. Oleh karena itu, saat ini juga, saya akan melaporkan ke presiden terkait pencapaian tersebut,” tutur Marten.

Menurut Marten, ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan pokok sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam hal ini, Pemerintah Kota Gorontalo tidak ingin melihat masyarakat kesusahan akan bahan pokok. Sehingga, Pemerintah Kota Gorontalo berkomitmen untuk menghindari kesulitan akses masyarakat terhadap bahan pokok, dengan distribusi yang efisien dan komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Reporter: Yowan Moha

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

7 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago