Pemprov Gorontalo

Gubernur Berikan Bantuan Pangan Bersubsidi pada 1000 KPM di Mootilango

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi istri sekaligus anggota komisi VIII DPR RI Idah Syahidah saat berkunjung ke Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo, Jumat (09/10/2020). Dalam kunjungan ini Gubernur dan istri menyerahkan bantuan pangan bersubsidi bagi 1000 KPM di lokasi tersebut. Foto : Fadli – Humas

PROSESNEWS.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, didampingi istri Idah Syahidah, menyerahkan bantuan pangan bersubsidi pada 1000 KPM di Kecamatan Mootilango, Jumat (09/10/2020).

Selain menyerahkan bantuan bagi 1000 KPM di Kecamatan Mootilango, Gubernur juga memberikan bantuan di Kecamatan Tilamuta dengan jumlah yang sama. Rencananya pada esok hari, rombongan Gubernur akan melakukan kegiatan yang sama di Kabupaten Pohuwato.

Gubernur Rusli, berharap, bantuan pangan bersubsidi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, dapat membantu perekonomian warga selama pandemi Covid-19.

“Bantuan ini harusnya ditebus Rp55.000, tapi kami mengambil kebijakan untuk menggratiskan bantuan ini dengan subsidi dari pemerintah Provinsi melalui beberapa dinas dan juga ada Baznas Provinsi. Kebijakan untuk menggratiskan bantuan ini dengan tujuan meringankan beban masyarakat pada masa pandemi Covid-19,” tutur Rusli dalam sambutannya pada kegiatan Bakti Sosial NKRI Peduli di Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo.

Rusli melanjutkan, bantuan pangan bersubsidi di era kepemimpinannya merupakan wujud karya nyata untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat. Menurutnya, pada masa pandemi Covid-19 ini, sebagian warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, sehingga itu pemerintah hadir di tengah masyarakat untuk membantu kesulitan tersebut.

“Bantuan yang kami berikan ini berasal dari uang rakyat, jadi kami kembalikan lagi ke rakyat. Kami hadir saat ini semuanya untuk rakyat,” tandasnya.

Bantuan terdiri dari tujuh item yakni lima kilogram beras, satu liter minyak goreng, 10 butir telur dan satu kilogram ikan. Ada juga rempah rempah seperti rica, bawang putih dan bawang merah masing-masing setengah kilogram.

Selain bantuan pangan bersudsidi, pemprov Gorontalo juga menggulirkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dengan kesepakatan penanggungan secara urunan. 60 persen total anggaran dibebankan ke pemprov, sisanya 40 persen ke pemerintah kabupaten/kota.

Hingga saat ini sudah ada tiga kabupaten yang telah 100 persen menyalurkan bantuan JPS. Diantaranya, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Boalemo. (Ads)

Recent Posts

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

10 menit ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

19 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

22 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

22 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago