Gorontalo

Gunakan Atribut Bintang Kejora, Mahasiswa Papua di Gorontalo Gelar Unjuk Rasa

Gunakan Atribut Bintang Kejora, Mahasiswa Papua di Gorontalo Gelar Unjuk Rasa

PROSESNEWSI.ID – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pelajar Indonesia Papua (IMPIP) menggelar aksi unjuk rasa, di depan Kantor DPRD Kota Gorontalo, Rabu (23/03/2022).

Dalam aksi itu, sebagian mahasiswa Papua menggunakan atribut Bintang Kejora seperti tas, gelang dan topi. Mereka menolak Daerah Otonomi Baru (DOB) di tanah Papua.

Salah satu massa aksi Dodi menyampaikan, pemekaran DOB di tanah papua hanya menjadikan masyarakat dan mahasiswa Papua menjadi sengsara.

“Kami menolak DOB di tanah Papua, kami asli Papua lebih baik perubahan negara dari pada pemekaran otonomi daerah,” ungkap Dodi dalam orasinya.

Dodi mengungkapkan, dalang dari pemberian DOB adalah para anggota dewan, pasalnya penolakan sudah dilakukan sejak tahun 2021. Namun, tidak ada respon dari Pemerintah Indonesia.

“Kami ingin hidup sendiri dan tidak ingin bernaung dengan Pemerintah Indonesia, yang selalu menindas masyarakat Papua” ungkapnya.

Dalam orasinya, dodi juga menuturkan, masalah-masalah yang terjadi di Papua sampai saat ini belum terselesaikan. Namun, pemerintah Indonesia membujuk masyarakat dengan memekarkan daerah tanah Papua.

“Hukum yang ada di Indonesia sudah tidak berlaku lagi di tanah Papua, karena kami di jajah oleh pemerintah Indonesia,” tandasnya.

Unjuk rasa akan kembali dilakukan, jika aspirasi mereka tidak direspon oleh anggota DPRD Kota, dengan masa yang lebih banyak lagi.

Reporter : Reza Saad

Recent Posts

Residivis Curi Motor Saat Pemiliknya Sholat Jumat

PROSESNEWS.ID – Tim Rajawali Polresta Gorontalo Kota berhasil menangkap RHK (19), seorang residivis asal Limboto…

9 jam ago

Irwan Hunawa Sah Duduki Ketua DPRD Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Irwan Hunawa resmi menduduki jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo…

15 jam ago

KPU Kagor Gelar Rakor Sinkronisasi DPSHP dan Persiapan Penetapan DPT

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait sinkronisasi…

15 jam ago

Pemkab Gorontalo Gelar Sosialisasi PPPK 2024, Bupati Tegaskan Transparansi

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar sosialisasi pengadaan…

15 jam ago

Lampu Merah di Limboto Mati, Masyarakat Siap Patungan Jika Pemerintah Tidak Mampu Memperbaiki

PROSESNEWS.ID - Sejumlah pengendara di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, mengeluhkan kondisi lampu lalu lintas (traffic…

15 jam ago

Dinas PTSP Kabupaten Gorontalo Gelar Bimtek Implementasi Perizinan Berbasis Risiko

PROSESNEWS.ID – Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Gorontalo menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi…

16 jam ago