Daerah

Hadiri Kegiatan Bappeda, Ini Harapan Wali Kota Blitar

Wali Kota Blitar Santoso, saat memberikan arahan untuk kerangka RPJMD Kota Blitar Tahun 2021-2026. (Foto : Dwi / Prosesnews).

PROSESNEWS.ID – Wali Kota Blitar, Santoso, menghadiri acara Rembug Perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan Daerah yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Blitar, di Hall Centre D’dados, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenlor. Rabu, (17/03/2021).

Santoso mengatakan, kegiatan tersebut, guna memantapkan kerangka Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026. Di mana, di dalamnya terdapat janji-janji politik yang ia sampaikan saat kampanye lalu.

“Namun begitu, kerangka RPJM harus juga selaras dengan program prioritas. Baik Propinsi maupun pusat,” ujarnya.

Santoso berharap, dengan didatangkannya narasumber dari Badan Diklat Widya Iswara Bidang ESDM Provinsi Jawa Timur, Bappeda kota Blitar mendapat masukan-masukan untuk memantapkan arah kebijakan RPJMD yang tepat untuk masyarakat nanti.

Selain itu, masing-masing OPD juga lebih memahami apa yang akan dilakukannya di dalam menjabarkan program kerja yang diusung pemerintahan sekarang, dan program prioritas pemerintah pusat untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Kalau program saya contohnya internet gratis, program anggaran RT/RW sebesar Rp.50 juta-Rp.100 juta per tahun, sampai 2026,” paparnya.

Lebih lanjut kata Wali Kota, agar program itu lebih tepat sasaran, maka, pihaknya juga akan membuat dan menyediakan Juklak dan Juknis untuk mengatur program tersebut. Serta, menyiapkan pendamping untuk itu.

“Walaupun sebenarnya mereka itu faham bagaimana program itu dijalankan, untuk apa, untuk siapa dan seperti apa,” pungkasnya. (adv/hms).

Repoter : Dwi Sasmito

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago