Daerah

Hadiri Penamatan TK Se-Kecamatan Mawasangka, Ini Harapan Kadis PK Buteng

PROSESNEWS.ID, BUTON TENGAH – Seluruh Taman Kanak-Kanak (TK) di Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya di Kecamatan Mawasangka, melangsungkan kegiatan penamatan tahun ajaran 2021-2022 secara serentak yang bertempat di gedung kesenian Mawasangka, Rabu (22/06/2022).

Dalam acara tersebut turut hadir bunda PAUD Buteng, Ira Kesumadoty Yusuf, Kadis PK Abdullah, Camat Mawasangka Sahiruddin, ketua IGTKI-PGRI Kecamatan Mawasangka serta orang tua murid.

Dikesempatan itu bunda PAUD, Ira Kesumadoty Yusuf menyampaikan akan pentingnya mewujudkan pendidikan anak usia dini. Sebab kata dia, anak usia 4 hingga 6 tahun merupakan periode emas pertumbuhan anak.

“Pada usia ini pertumbuhan otak mereka sangat pesat dan bisa mencapai 80 persen,” ujar Ira Kesumadoty Yusuf, dalam sambutannya.

Sehingga tambah Ira, diwajibkan bagi para orang tua agar tidak melewatkan pendidikan sang anak untuk terus belajar selama masa periode emas tersebut.

“Pendidikan di usia dini diberikan dalam rangka memandu anak agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya,” tambah Ira.

Sementara itu, Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Buteng, Abdullah saat hadir mengaku bersyukur karena telah menyelesaikan pendidikan anak usia dini.

Hal itu tentu, kata Abdullah, tidak terlepas dari peran dari pemerintah daerah (Pemda), bunda PAUD serta para guru sebagai ujung tombak dilapangan.

Namun meski begitu, masih ada tantangan kedepan yang harus dihadapi oleh pemerintah khususnya bagi para guru.

“APK untuk PAUD di Buteng tahun 2021 itu sudah mencapai 103,5 persen dan ini merupakan prestasi. Akan tetapi tantangannya, kita (para guru) dituntut untuk mampu meningkatkan mutu pendidikan,” kata Abdullah.

Olehnya itu, Ia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat terutama Pemda, Bunda PAUD serta para guru agar berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan di Buteng.

“Kita berharap kepada para bunda PAUD khususnya yang ada di desa agar bisa berkontribusi. Apalagi sejak tahun 2019 lalu Pemda Buteng melalui desa telah memberikan honor pada guru guru PAUD sebesar 1 juta ditiap bulannya melalui Dana Desa,” pintanya.

“In Sha Allah jika kita bekerja dengan ikhlas utamanya guru-guru PAUD, impian kita untuk meningkatkan mutu PAUD dan menciptakan generasi emas kedepan bisa terwujud,” ungkapnya.

Reporter: Win

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago