Pemprov Gorontalo

Hand Sanitizer Produk Lokal Gorontalo Dapat Apresiasi Menkopolhukam

Gubernur Rusli Habibie saat memperkenalkan Sofie hand sanitizer yang menjadi salah satu produk yang diciptikan oleh Provinsi Gorontalo di tengah pandemi covid-19. (Dok. Humas)

PROSESNEWS.ID – Hand sanitizer produk lokal Gorontalo dengan merek kemasan Sofie, dapat apresiasi dari Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

Mahfud menjadi salah satu pejabat negara yang dikirimi pemprov untuk mencegah penularan covid-19 sekaligus sebagai media promosi.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kiriman produk hand sanitizer dari Bapak Gubernur, yang merupakan produk masyarakat lokal dengan kemasan yang bagus. Semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat,” tulis Mahfud dalam suratnya tertanggal 25 Agustus 2020.

Sofie hand sanitizer menjadi salah satu produk yang dibanggakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di tengah pandemi covid-19. Selain diolah oleh sekumpulan anak muda, hand sanitizer ini memanfaatkan air nira yang oleh warga lokal sering dijadikan minuman keras atau disebut cap tikus.

“Cap tikus ini sering sekali diselundupkan dari daerah tetangga baik Sulut dan Sulteng untuk dikonsumsi sebagai minuman keras. Nah di tengah wabah covid-19 sekarang ini, kita dorong untuk diproduksi menjadi produk hand sanitizer dan Alhamdulillah sekarang sudah dipasarkan,” tutur Gubernur Rusli, Kamis (24/9/2020).

Beberapa instansi juga sudah melakukan penyulingan, pengolahan dan pengemasan air nira atau aren menjadi hand sanitizer. Polda Gorontalo misalnya, sukses memproduksi ribuan botol untuk dibagi-bagikan kepada warga. (Ads)

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

7 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

11 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

12 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago