Deprov Gorontalo

Harga Cabai Melonjak, Komisi II Deprov Gorontalo Akan Turun Langsung ke Pasar

PROSESNEWS.ID — Kenaikan harga bahan pokok, terutama Cabai Rawit yang mencapai 150 ribu per kilogram, menjadi perhatian serius bagi Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo.

Dalam menghadapi situasi ini, Komisi II telah menggelar rapat internal dan memutuskan untuk melakukan kunjungan lapangan ke pasar-pasar tradisional di Gorontalo.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Venny Anwar menjelaskan, tujuan kunjungan lapangan ini adalah untuk mengecek secara langsung dampak kenaikan harga bahan pokok, terutama cabai rawit, di pasar-pasar tradisional.

“Komisi II telah rapat dan sepakat untuk turun langsung ke pasar-pasar dalam rangka mengecek kenaikan harga bahan pokok yang sudah terjadi,” ujar Venny dalam wawancara pada Senin (18/12/2023).

Venny menambahkan, kenaikan drastis harga cabe rawit disebabkan oleh cuaca ekstrem yang menyebabkan musim kemarau, menyebabkan banyak petani mengalami gagal panen. Situasi ini memerlukan solusi bersama untuk mengatasi dampaknya.

“Pada beberapa bulan sebelumnya, akibat cuaca ekstrem, banyak petani mengalami gagal panen, dan inilah yang menyebabkan kenaikan harga bahan pokok. Masyarakat merasakan dampaknya karena panen mereka gagal,” ungkapnya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Venny menyebut, pemerintah provinsi sedang mengambil langkah dengan merancang program pasar murah di beberapa lokasi di Provinsi Gorontalo.

“Pemerintah provinsi sedang menginisiasi program pasar murah sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi kenaikan harga bahan pokok. Dengan adanya pasar murah, masyarakat dapat memperoleh bahan pokok seperti beras, bawang merah, minyak kelapa, dan cabe dengan harga terjangkau, yaitu 20 ribu rupiah saja,” pungkasnya.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago