Daerah

Hari Buku Sedunia, Irwan Usman : Jadikan Membaca Sebagai Budaya

Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Usman (Foto Istimewa).

PROSESNEWS.ID – Hari Buku Sedunia atau World Book Day, diperingati setiap tanggal 23 April. Di Tahun ini, hari buku Internasional jatuh pada Jum’at, 23 April 2021.

Di momen hari buku sedunia, Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Usman menyampaikan, esensi dasar dari konsep hari buku itu dilihat dari empat aspek.

“Pertama, membaca itu dilihat dari sisi unsur aspek kebahasaan itu sendiri. Kedua, dilihat dari aspek berbicara. Ketiga, dilihat dari aspek bercerita, dan yang terakhir dilihat dari aspek menyimak,”ulas irwan, Jum’at, (23/04/2021).

Terkait dengan momen hari buku sedunia ini, Irwan berharap pihaknya ditataran teknis penyelenggaraan pendidikan, agar tidak terlepas dari konsep dasar literasi itu sendiri.

“Jadikan membaca sebagai budaya, itu intinya. jika seandainya membaca itu sebagai budaya, tidak menutup kemungkinan dengan membaca adalah salah satu jendela ilmu,”sebutnya.

Dalam memperingati hari buku ini, lanjut irwan, esensi pengembangan literasi di semua lini sektor kehidupan, khususnya yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, seharusnya ini sudah lebih berkembang dan lebih profesional.

“Kita di jajaran pendidikan mengembangkan budaya literasi, rohnya budaya literasi itu berhubungan dengan membaca. Tapi kalau membaca tidak berhubungan dengan buku, maka ia akan hampa,”katanya.

“Hari buku ini bukan berarti buku dalam bentuk fisik, dalam e-book kita sering melakukan itu, inilah esensinya, bahwa pengembangan literasi ilmu pengetahuan dan teknologi di jajaran dinas pendidikan itu perlu dolaysecara profesional,”pungkasnya.

Reporter : Moh. Dodi Didipu

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago