Gorontalo

Indonesia Pre-Order Vaksin Corona Sinovac

Vaksin

PROSESNEWS.ID – Indonesia sudah pre-order vaksin Corona Sinovac, yang telah datang dari Tiongkok pada Minggu, 6 Desember 2020. Kini, vaksin Sinovac disimpan di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, yang selanjutnya akan dilakukan uji mutu oleh Bio Farma dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kabar kedatangan vaksin COVID-19 masih menjadi perbincangan publik. Ini karena kita menunggu laporan evaluasi hasil uji klinis fase 3 di Bandung. Efikasi dan efektivitas juga belum dipastikan.

Usai jumpa pers, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih memahami alasan Pemerintah Indonesia yang mengambil langkah pre-order atau memesan lebih dulu untuk mendatangkan vaksin Corona dari negara lain.

“Yang kami tahu, sekarang ini ada 215 negara yang berebut vaksin Corona di seluruh dunia. Oleh karena itu, supaya strategi pengadaan, yakni yakin kita dapat vaksin, ada namanya mekanisme pre-order,” ujar Daeng di Kantor Sekretariat PB IDI, Jakarta, Senin (14/12/2020).

“Kalau tidak dilakukan seperti itu (pre-order), yang Saya tangkap ya khawatir rakyat indonesia nanti tidak mendapat bagian vaksin Corona. Nah, kalau sudah enggak dapat vaksin, apa yang akan disuntikkan ke masyarakat.”

Beberapa negara yang juga melakukan pre-order vaksin Corona, seperti Jepang, Brasil, dan Australia. Meski vaksin Corona sudah datang, Daeng menegaskan, izin penggunaan tetap harus menunggu keputusan BPOM.

Dalam hal ini, menunggu kepastian soal mutu, efikasi, dan efektivitas vaksin. Kemudian apakah vaksin Corona yang akan digunakan nanti aman atau tidak.

“Kita khawatirkan COVID-19 ini masih berlangsung, makanya ada mekanisme pre-order. Tetapi untuk penggunaannya ya tetap menunggu otoritas BPOM,” terang Daeng.

“Bahwa sudah dijamin keamanan, mutu, dan efektivitas serta (keluar) izin darurat dan edar. Silakan, porsi pengadaan (vaksin diserahkan) pemerintah, sedangkan untuk pemakaian dan penggunaan tunggu hasil penilaian dan izin BPOM.”

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita – Prosesnews.id

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

3 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

4 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

23 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago