Daerah

Ini Kata Kakan Kemenag Gorontalo Utara Usai Lakukan Pembinaan Moderasi Beragama

Ilustrasi (Foto : harianaceh.co.id)

PROSESNEWS.ID – Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama Gorontalo Utara, Yudin Moonti, mengatakan, kolaborasi seluruh stakeholder penting dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang moderasi beragama.

“Selain merubah cara pandang tentang fanatisme beragama yang dimana selalu berfikir merekalah yang benar, kita juga harus mengedukasi kepada masyarakat bahwa cara pandang yang keliru seperti ini harus ditiadakan,” kata Yudin, usai kegiatan pembinaan moderasi beragama di Kantor Kemenag Gorontalo Utara, Selasa, (22/06/2021).

Sebelumnya ia optimis dengan dilakukannya pembinaan yang  melibatkan Ormas-ormas islam Gorontalo Utara tersebut, dapat memberikan kemajuan dalam menyikapi kehidupan beragama.

“Mari kita sama-sama menjaga keberagaman ini. Kami dari kemenag tidak akan ada bosan-bosannya memberikan edukasi, penyuluhan dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Terlebih lagi tadi ada pertanyaan berkembangnya aliran sesat. Kita seluruh stakeholder, akan terus memantau dan bergerak demi kemajuan Gorontalo Utara, khususnya kementerian agama,”imbuhnya.

Senada dengan itu, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Gorontalo Utara, Moh. Agus Madina, yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut menambahkan, sengaja kegiatan yang digagas pihaknya ini, melibatkan 3 Ormas Islam yang berada di lingkungan Kemenag.

“Ada Muhammadiyah, Nahdatul Ulama (NU), Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kenapa hanya 3 Ormas islam yang kami libatkan, karena 3 Ormas ini menjadi rujukan utama yang berada dalam naungan Kemenag,”katanya.

“Selain itu, juga keterbatasan kapasitas, karena menjaga saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid19,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Gorontalo Utara, kegiatan tersebut akan terus dilakukan, dan akan melibatkan Ormas-ormas lainnya.

Agus berharap, masyarakat Gorontalo Utara, khusunya yang beragama islam, dapat memahami betul apa yang dimaksud dengan moderasi beragama.

” Moderasi beragama ini tidak bermaksud merubah konsep beragama seseorang. Namun bertujuan untuk berfikir memahami maksud dari moderat itu sendiri. Moderat yang di maksud adalah seimbang, tidak terlalu ekstrem kanan maupun kiri. Intinya tidak menimbulkan emosional, hingga menuai permasalahan di masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Sukri Tahir

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

23 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago