Pemda Boalemo

Ini Penjelasan Kepala BKAD Boalemo, Terkait Deviden BSG

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Boalemo Tantri Manto (Foto : Istimewa)

PROSESNEWS.ID – Belum lama ini, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Boalemo, Aswan Djamaludin, menyoroti dan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, agar mencabut saham di PT. Bank SulutGo (BSG).

Sebab, menurut politisi PKS itu, pembagian deviden dari PT. Bank SulutGo di tahun 2020, tidak sesuai lagi dengan penyertaan modal Pemda Boalemo yang ada.

Ia menilai, hal itu bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 6 tahun 2009, revisi dari Perda no. 40 tahun 2005, Tentang penyertaan modal.

“Tahun 2019 yang masuk ke APBD kita itu, sekitar 9 Miliar sekian. Ironisnya, ditahun 2020 ini malah menurun hampir setengah,” ungkapnya, kepada awak media Prosesnews.id

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Boalemo Tantri Manto, angkat bicara. Tantri menegaskan, tidak ada masalah dengan pembagian deviden.

“Pembagian deviden tahun 2020, telah ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bank SulutGo tahun buku 2019,” ujarnya. Rabu, (19/08/2020).

Dijelaskannya, bahwa pembagian deviden tersebut didasarkan pada hasil laba bersih, yang diterima PT. Bank SulutGo itu sendiri, sampai dengan tahun buku 2019.

Untuk Perda penyertaan modal ke pihak PT. Bank SulutGo lanjut Tantri, itu juga merupakan target penyertaan modal Pemda yang dapat diberikan ke PT. Bank SulutGo, sesuai kemampuan keuangan Daerah.

“Tidak ada masalah dengan pembagian deviden tahun 2020,” pungkas Tantri

Sementara itu, pihak PT. BSG melalui pimpinan Cabang Tilamuta Mareyke Kamaru, saat dikonfirmasi menjelaskan, pembagian deviden penyertaan modal tahun 2020, sudah sesuai.

“Pembagiannya sesuai hasil Rups yang di hadiri oleh semua pemegang saham. Jadi, semua sudah sesuai,” terang Mareyke. Kamis, (20/08/2020).

Namun, Mareyke enggan menyebutkan secara rinci, benar tidaknya pembagian deviden tahun 2020, berkurang dari pembagian tahun kemarin. (Adv/Majid Rahman)

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

6 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

11 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago