Pemda Pohuwato

Jelang Akhir Jabatan, ini Pesan Bupati Syarif untuk Aparat Desa Pohuwato

Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, saat melantik BPD Bulangita, kecamatan Marisa, Padengo, Kecamatan Duhiadaa, Tirto asri, Kecamatan Taluditi. Kamis, (26/11/2020). (Foto : Istimewa).

PROSESNEWS.ID – Jelang akhir jabatannya, Bupati Kabupaten Pohuwato Syarif Mbuinga, berpesan kepada semua pihak, agar senantiasa mendukung dan mensukseskan berbagai program pembangunan Pohuwato yang berkelanjutan.

Disadarinya, termasuk Desa sangat menentukan maju dan tidaknya Daerah Bumi Panua kedepan. Tak terkecuali, orang nomor 1 di Pohuwato itu pun, menaruh harapan kepada Aparat Desa, agar senantiasa bersinergi dalam hal kesuksesan program.

Melalui pelantikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang berlangsung di 3 Desa dan 3 Kecamatan belum lama ini, setidaknya Syarif menitipkan pesan untuk BPD dan Aparat Desa, untuk tetap menjaga hubungan harmonis.

“Saya harap, Desa Bulangita, kecamatan Marisa, Desa Padengo, Kecamatan Duhiadaa, Desa Tirto asri, Kecamatan Taluditi. Dan Desa-desa lainnya, agar bisa selaras mewujudkan kesejahteraan rakyat. Tentu ini harapan kita semua,” pintanya. Kamis, (26/11/2020).

Dikatakan Syarif, di hampir kurang lebih 101 Desa di Kabupaten Pohuwato, kerap muncul persoalan-persoalan yang tidak diinginkan. Misalnya, Kepala Desa tidak harmonis dengan Ketua BPD dan jajaran lainnya.

“Di seratus satu desa, sering kali muncul, persoalan-persoalan, terkait dengan tidak haromonisnya, hubungan kepala Desa dengan BPD. Hal ini, bsa jadi pemicu menghambat program pembangunan,” katanya

Oleh sebab itu, di ingatkannya, termasuk untuk anggota BPD yang baru saja dilantik tersebut, agar tetap menjaga sinergitas dan keselarasan, antar BPD dan Kepala Desa.

Kata Syarif, posisi anggota BPD sangat strategis, dalam menentukan arah pembangunan di Desa. Juga anggota BPD, merupakan perwakilan masyarakat, yang menjadi mitra sejajar bagi Kepala Desa, untuk melaksanakan fungsi pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

“Maka dari itu anggota BPD, tidak boleh membawahi Kepala Desa. Sebaliknya, Kepala Desa juga tidak membawahi BPD,” tegasnya lagi.

Lebih lanjut kata Bupati Pohuwato 2 Periode itu, di awal tahun 2021 nanti, akan ada pelatihan, untuk peningkatan kapasitas PBD dan Aparat Desa. Nantinya dalam forum tersebut, DPD dan aparat Desa, akan duduk bersama.

Di akhir sambutannya, Syarif berharap, mengakhiri masa jabatannya yang tidak lama lagi, Anggota BPD di Kabupaten Pohuwato. Khususnya yang baru saja ia lantik, agar lebih kompak lagi, dan menjadi mitra strategis, terutama bagi Pemerintah Desa itu sendiri. (Iskandar Badu)

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

5 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

9 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

10 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago