Gorontalo

Jelang Kedatangan Presiden Jokowi, Pemprov Gorontalo Mantapkan Kesiapan

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba (tengah) saat memimpin rapat kunjungan Presiden Joko Widodo, di ruang rapat Dulohupa Kantro Gubernur, Rabu (29/7/2020). (Foto: Nova-Humas).

PROSESNEWS.ID – Jelang kedatangan Presiden RI, Joko Widodo, ke Provinsi Gorontalo pada awal bulan Agustus 2020. Pemerintah Provinsi Gorontalo matangkan segala kesiapan.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, mengatakan, kedatangan Presiden RI, Joko Widodo ke Gorontalo dalam rangka menghadiri agenda yaitu pelepasan ekspor 12.500 ton jagung dan pengresmian PLTU Anggrek 2×25 Megawatt.

Dalam agenda rapat bersama, yang dihadiri oleh para asisten, pimpinan OPD, instansi vertikal, dan pelaku usaha, di ruang Dulohupa Kantor Gubernur, Sekda Darda Daraba, meminta kunjungan ini dipersiapkan dengan baik sesuai protokol kesehatan.

“Kunjungan Presiden RI ini berada dalam masa pandemi sehingga harus dipersiapkan dengan baik sesuai protokol kesehatan,” jelasnya, Rabu (29/7/2020).

Darda juga mengingatkan agar segala legalitas barang yang akan diekspor sudah dipersiapkan jauh-jauh hari untuk menjamin kelancarannya, seperti surat keterangan asal, sertifikat origin dan vito sanitari certifikat.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljady D. Mario, menjelaskan pelepasan ekspor ini merupakan momentum yang sangat baik karena Gorontalo dinilai oleh pemerintah pusat, bahwa di tengah pandemi covid-19 ini ekonomi kita stabil bahkan kita menunjukan usaha yang bagus.

“ Kita sudah siap ekspor itu, pertama jagung dari PT. Segar Nusantara sekitar 12.000-12.500 ton. Ekspor jagung ini merupakan pengapalan yang terbesar di Indonesia, sebelumnya kita ekspor 10.000 ton. Kemudian tepung kelapa dari dua perusahaan, Trijaya Tangguh dan Royal Coconut. Kemudian juga ada produk soman dari PT. Harvest,” beber Muljady.

Muljady menguraikan bahwa semua pihak telah dimintai masukan dan sekarang tinggal menunggu kepastian kapan Presiden RI datang ke Gorontalo.

Selain kedatangan Presiden RI, dalam rapat tersebut juga dibahas rencana kedatangan Menkopolhukam dengan Menteri Dalam Negeri.

“Kita sementara menunggu kepastian Menkopolhukam dan Mendagri satu dua hari ini bersamaan dengan pak presiden atau datang terpisah. Tapi baik pak Menkopolhukam dan Mendagri juga kita siapkan kegiatannya,” pungkasnya. (Ads)

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

7 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

11 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

12 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago