Pemkot Gorontalo

Jumlah Hewan Kurban di Gorontalo Tahun Ini Menurun

PROSESNEWS.ID – Pada 10 Dzulhijjah 1445 Hijriah, umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Kota Gorontalo, melaksanakan salat Idul Adha dan melanjutkannya dengan penyembelihan hewan kurban. Di Kota Gorontalo, penyembelihan hewan kurban berlangsung merata di berbagai kelurahan dan kecamatan, baik secara individu maupun berkelompok.

Menurut data dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Gorontalo, jumlah hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha tahun ini mencapai 1.160 ekor, yang terdiri dari 1.126 ekor sapi dan 34 ekor kambing. Plh Kabag Kesra Setda Kota Gorontalo, Sukamto Mooduto menyatakan, penyembelihan hewan kurban tahun ini berlangsung sukses.

“Syukur Alhamdulillah, penyembelihan hewan kurban di momen Idul Adha tahun ini di Kota Gorontalo berlangsung sukses. Dari data yang kami terima, tercatat ada sebanyak 1.160 ekor hewan kurban yang disembelih diantaranya, sapi 1.126 ekor dan kambing 34 ekor,” ujar Sukamto.

Secara rinci, Sukamto menjelaskan, hewan kurban tersebut berasal dari berbagai pihak, termasuk lembaga pemerintah daerah, lembaga hukum, legislatif, perbankan, swasta, dan tokoh masyarakat. Dari wilayah kecamatan dan kelurahan terkumpul 1.075 ekor sapi dan 34 ekor kambing. Penjabat Wali Kota Gorontalo menyumbangkan 10 ekor sapi, sedangkan lintas OPD Kota Gorontalo menyumbang 40 ekor sapi, dan Bank SulutGo Cabang Gorontalo sebanyak 1 ekor sapi.

Sukamto juga mencatat adanya penurunan jumlah hewan kurban dibandingkan Idul Adha 1444 H, yang mencapai 1.218 ekor. Menurutnya, kenaikan harga hewan kurban tahun ini mungkin menjadi salah satu faktor penurunan tersebut.

“Untuk Idul Adha tahun ini, memang jumlah hewan qurban yang disembelih di Kota Gorontalo mengalami penurunan dibandingkan dengan Idul Adha di tahun 2023 sebanyak 1.218 ekor. Mungkin salah satu faktornya adalah, harga hewan qurban yang naik di tahun ini,” jelas Sukamto.

Penjabat Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, menekankan pentingnya ibadah kurban meskipun hukumnya sunnah, karena memiliki banyak pahala dan manfaat bagi umat Muslim yang berkurban.

“Saya secara pribadi dan mewakili Pemerintah Kota Gorontalo, mengucapkan minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin, untuk masyarakat Kota Gorontalo di momen Idul Adha tahun ini. Secara umum kita ketahui memang benar menyembelih hewan qurban adalah ibadah sunnah, tetapi wajib kita tahu bahwa ibadah ini menyimpan begitu banyak pahala dan manfaat. Misal, meraih berkah di dunia, penghapusan dosa, sebagai wujud syukur bisa berbagi rezeki dengan sesama, ibadah yang sangat dicintai Allah SWT dan terakhir sebagai penenang jiwa,” ujar Ismail.

Dengan demikian, meski terjadi penurunan jumlah hewan kurban, semangat dan makna Idul Adha tetap dirasakan oleh masyarakat Kota Gorontalo, yang melaksanakan ibadah ini dengan penuh kesyukuran dan kebersamaan.

Recent Posts

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

16 menit ago

Dinas Pendidikan Gorontalo Adakan Bimtek Penyusunan Laporan Dana BOS dan BMD 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Dana…

22 jam ago

Kunjungi Buteng, Tina Alam Ungkap Programnya sebagai Cagub Sultra

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Tina Nur Alam bersama rombongan siang tadi berkunjung ke Buton Tengah…

2 hari ago

Coklit Data Pemilih di Boalemo Sudah Capai 67,83%

PROSESNEWS.ID - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan oleh Panitia…

2 hari ago

Ketua KPU Gorontalo Turun Langsung Bersama Pantarlih Melakukan Coklit

PROSESNEWS.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Roy Hamrain turun langsung bersama…

2 hari ago

KPU Pohuwato Mulai Sosialisasikan PSU Dapil VII Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait perhitungan dan…

3 hari ago