Pemda Gorontalo

Kabupaten Gorontalo Raih 15 Miliar Hibah IDB untuk Pertanian

PROSESNEWS.ID — Kabupaten Gorontalo telah dipilih sebagai salah satu dari 13 kabupaten di Indonesia yang akan menerima hibah dana sebesar 15 miliar Rupiah dari Islamic Development Bank (IDB).

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengungkapkan, dana tersebut akan difokuskan pada pengembangan komoditas pertanian di dataran tinggi, khususnya untuk komoditas unggulan, Pisang Gapi.

Dalam wawancara dengan sejumlah media pada Senin (04/12/2023), Bupati Nelson menyatakan, seleksi penerima hibah ini hanya melibatkan 13 kabupaten dari total 500 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Kabupaten Gorontalo berhasil memenangkan hibah ini melalui upaya bersama pemerintah pusat untuk meningkatkan sektor pertanian, terutama di wilayah dataran tinggi.

“Nantinya, dana sebesar 15 miliar rupiah ini akan diarahkan untuk pengembangan pertanian, dengan fokus utama pada komoditas Pisang Gapi,” ujar Bupati Nelson.

Dia juga menegaskan persiapan telah dimulai, termasuk pembibitan dan pembinaan kepada para petani. Proyek ini akan mencakup seluruh proses pertanian, mulai dari penanaman hingga masa panen.

“Kami berharap, paling lambat tahun 2025, kita sudah dapat memanen hasilnya,” tambah Bupati Nelson.

Bupati Nelson Pomalingo juga memberikan informasi terkait masyarakat yang berminat untuk mendapatkan manfaat dari hibah ini dapat mengajukan langsung kepada pihak Bank Sulutgo, lembaga yang terkait dengan penyaluran dana hibah tersebut. Persyaratan yang diperlukan dapat dilihat melalui prosedur yang telah ditetapkan oleh bank.

Pemberian hibah ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan dalam pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Gorontalo dan meningkatkan kesejahteraan petani serta masyarakat setempat.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

3 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

5 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

9 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

9 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

13 jam ago