Pemprov Gorontalo

Kadis Dikbud Provinsi Gorontalo Hadiri Rakor BLPT Kemendikbudristek di Bandung

PROSESNEWS.ID – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, Rusli W. Nusi, turut menghadiri rapat koordinasi bertajuk “Berkobar (Berkolaborasi dan Berbagi) Membangun Sinergi Ekosistem Digital Pendidikan BLPT dengan Pemerintah Daerah” yang digelar oleh Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) dan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) di Bandung, Jawa Barat, dari 28 hingga 31 Mei 2024.

Rapat ini bertujuan memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah dalam memanfaatkan platform teknologi pendidikan di tahun 2024, sesuai dengan visi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selain Kadis Dikbud Provinsi Gorontalo, rapat ini juga dihadiri oleh perwakilan dari 38 provinsi lainnya, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di lingkungan Kemendikbudristek, serta Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) dari berbagai daerah.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, secara resmi membuka acara ini dan menekankan pentingnya sinergi dalam mengeksplorasi dan berkolaborasi untuk memetakan program pendidikan di Indonesia.

“Mari bersinergi untuk mewujudkan Merdeka Belajar, yakni kesempatan bagi anak Indonesia untuk merdeka dalam belajar apa pun, terlepas dari berbagai hambatan yang melatarbelakangi mereka,” ujar Suharti dalam sambutanya, Selasa (28/5/24).

Kemendikbudristek terus berkomitmen pada transformasi pendidikan melalui optimalisasi platform teknologi pendidikan seperti akun belajar.id, Platform Merdeka Mengajar (PMM), Rapor Pendidikan, SIPLah, ARKAS, dan Platform Kampus Merdeka. Transformasi ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja pendidikan dalam hal pemerataan akses, peningkatan kualitas, dan tata kelola.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Wibowo Mukti, juga menekankan perlunya dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak untuk mempercepat distribusi dan pemanfaatan platform teknologi pendidikan di seluruh Indonesia.

“Kami berharap berbagai platform yang telah dikembangkan oleh Kemendikbudristek dapat dimanfaatkan dengan baik di level daerah,” ujar Wibowo.

Firman Oktora, Kepala Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Jawa Barat, menyambut baik inisiatif ini yang menurutnya selaras dengan empat nilai transformasi pendidikan di Jawa Barat: kolaborasi, integrasi teknologi informasi dan kualitas pendidikan, pemerataan akses pendidikan, serta satu guru satu sertifikat kompetensi.

Recent Posts

Persiapan Jelang Pilkada, KPU Kabgor Selesaikan 3 Tahapan Penting

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo telah, menyelesaikan beberapa tahapan penting dalam persiapan…

22 jam ago

Sebanyak 440 Petugas Pantarlih Dilantik, Siap Lakukan Coklit di Kabupaten Pohuwato

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) melantik sebanyak 440…

1 hari ago

KPU Gorontalo Utara Gelar Apel Gerakan Coklit Serentak untuk Persiapan Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara menggelar Apel Gerakan Coklit (Pencocokan dan…

2 hari ago

Paripurna DPRD Buteng, Kostantinus Sampaikan Pertanggungjawaban APBD 2023

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat paripurna…

2 hari ago

Jembatan Rusak di Hepuhulawa Limboto, Kadis PUPR Sebut Itu Tanggung Jawab BPBD

PROSESNEWS.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gorontalo, angkat bicara terkait rusaknya…

2 hari ago

KPU Boalemo Monitoring Verifikasi Faktual Pilkada Boalemo

PROSESNEWS.ID - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo, Meks Lagibu, melakukan monitoring di sejumlah…

2 hari ago