Uncategorized

Kakanwil Kemenkumham Gorontalo Angkat Bicara Soal Demo di Kantor Imigrasi

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hantor Situmorang saat menemui masa aksi

PROSESNEWS.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo akhirnya menemui perwakilan massa yang melakukan aksi demo di depan Kantor Wilayah, Jum’at (19/11/2021) sekitar pukul 14.30 Wita

Dalam demo tersebut, tuntutan yang dibawa oleh massa aksi adalah menolak Kepala Kantor Imigrasi yang baru untuk dilantik di Provinsi Gorontalo. Tuntutan itu didasarkan dengan adanya berita yang tersebar di media internet terkait masalah hukum yang melibatkan Kakanim baru yakni Johny Rumagit.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hantor Situmorang menjelaskan, kewenangan pelaksanaan mutasi/rotasi pegawai yang menduduki jabatan struktural ada di Menteri Hukum dan HAM RI. Sementara Kepala Kantor Wilayah, hanya memiliki kewenangan untuk tingkatan staf, eselon V dan Eselon IV saja.

“Itupun untuk eselon IV hanya pola mutasi saja, tidak untuk mengisi jabatan yang kosong, dan sesuai petunjuk Kementerian Hukum dan HAM hari ini telah dilaksanakan pelantikan Kepala Kantor Imigrasi yang baru di Aula Kantor Wilayah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Johni Rumagit mengatakan, terkait permasalahan yang menimpa dirinya sudah ditangani oleh aparat hukum terkait. Sekaligus dirinya telah memenuhi panggilan serta memberikan keterangan sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi.

“Hingga kini saya masih menjalankan tugas yang diamanatkan negara kepada saya” tutur Johni rumagit kepada perwakilan massa pendemo.

Setelah mendapatkan penjelasan tersebut, massa aksi kemudian melanjutkan aksinya ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo. Untuk memasang spanduk yang berisikan pernyataan penolakan terhadap kepala kantor imigrasi gorontalo.

Pergerakan massa pendemo pun turut diawasi dan dilakukan pengamanan oleh aparat penegak hukum. Dalam hal ini pihak kepolisian baik dari Polres Gorontalo Kota dan Polres Bone Bolango.

Reporter : Reza Saad

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

5 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

5 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

7 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

11 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

11 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

15 jam ago