Uncategorized

Kapal Pengangkut BBM Terbakar, Pertamina Gorontalo Angkat Bicara

Ilustrasi Pertamina/foto:istimewa

PROSESNEWS.ID – Insiden terbakarnya kapal pengengkut Bahan Bakar Minyak (BBM) di Teluk Tomini, Kota Gorontalo, pihak Pertamina Gorontalo akhirnya angkat bicara. 

Menurut pihak Pertamina, bahwa kapal tersebut bukan milik mereka. Melainkan hanya di sewa atau Spot Charter. 

“Kapal tersebut bukan milik pertamina, tetapi hanya kapal sewaan atau Spot Charter yang mengangkut BBM Pertamina,” kata Taufik Kurniawan Senior Supervisor Communication and Relation, Pertamina region Sulawesi.

Ia mengaku, jika kapal yang bernama SPOB KM Julvinda tersebut merupakan kapal yang disewa untuk mengangkut BBM dari Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, menuju pangkalan Pertamina Gorontalo. 

“Atas insiden itu, kami memastikan penyaluran BBM di Gorontalo tidak terganggu dan kondisi stok BBM dalam keadaan aman,” tuturnya. 

“Kapal yang terbakar itu barus selesai bongkar muat di Pertamina Gorontalo sekitar pukul 16:54 WITA. Setelah itu ada kejadian kebakaran,” terangnya. 

Taufik menjelaskan, munculnya api pada kapal tersebut sekitar pukul 18.30 sementara berada di kawasan pelabuhan leato. Munculnya percikan api, dimulai dari tangki tempat penyimpanan BBM yang tidak sesuai prosedur. 

“Dari hasil investigasi yang kami terima, percikan api muncul dari tangki yang tidak sesuai prosedur penggunaan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR MOR VII Laode Syarifuddin Mursali membenarkan kapal tersebut adalah kapal Sewa. Stok BBM di Terminal BBM Gorontalo dalam kondisi aman, untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan BBM. 

“Jadi masyarakat kami himbau tidak perlu panik, penyaluran BBM tetap berlangsung normal dan stok dalam keadaan aman tidak terganggu,” ujarnya. 

Reporter : Reza Saad

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago