Gorontalo

Kapolda Gorontalo : TNI-Polri Jamin Keamanan Pelaksanaan Pilkada Serentak

Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus SIK.,M.SI.,MM, saat bersilaturahmi dengan jajaran komisioner KPU Kabupaten Gorontalo dan Bawaslu,  Senin (21/9/2020).

PROSESNEWS.ID – Untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di Gorontalo, Polri dan TNI siap mengamankan dan mengawal seluruh tahapan Pilkada agar aman, damai, demokratis dan sehat.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus SIK.,M.SI.,MM, saat bersilaturahmi dengan jajaran komisioner KPU Kabupaten Gorontalo dan Bawaslu, Senin (21/9/2020).

“Kedatangan saya bersama Danrem 133/NWB selain ingin bersilaturahmi dengan jajaran komisioner KPU dan Bawaslu, juga ingin memberikan dukungan moril bahwa kami Polri dan TNI siap mendukung KPU dan Bawaslu mensukseskan Pilkada,” ujar Wiyagus.

Dikatakannya, bahwa situasi Pilkada saat ini berbeda dengan Pilkada tahun sebelumnya, dimana dihadapkan pada situasi Pandemi Covid-19. Ia berharap agar KPU dan Bawaslu terus mengingatkan kepada peserta Pilkada untuk disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Kali ini target kita tidak hanya mensukseskan Pilkada, tetapi bagaimana mencegah terjadinya kluster Covid-19, oleh karena itu KPU dan Bawaslu agar selalu mengingatkan kepada para Paslon, Pimpinan Parpol dan juga tim sukses, bahwa keselamatan rakyat menjadi yang utama, maka dari itu kepatuhan disiplin Protokol kesehatan haruslah ditegakkan,” imbuh Wiyagus.

Sementara itu, Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, menuturkan, KPU dan Bawaslu diibiratkan sebagai bintang film dalam Pilkada.

“Dalam Pilkada, KPU dan Bawaslu adalah bintang filmnya, karena kedua lembaga ini yang menjadi ujung tombak pelaksanaan Pilkada, sedangkan TNI dan Polri sifatnya memberikan dukungan berupa jaminan keamanan,” ujar Bagus.

Ia mengingatkan agar pelaksanaan Pilkada tidak menjadikan episentrum baru Covid-19.

“Kita tidak ingin suksesnya Pilkada justru meninggalkan beban akibat banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19, maka disiplin protokol kesehatan harus terus diperhatikan,” terang Bagus.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasid Sayiu, S.Hi., mengatakan bahwa, pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres, Kodim dalam hal pengamanan kegiatan setiap tahapan.

“Kami secara intens terus berkoordinasi dengan Bapak Kapolres dan Dandim dalam hal pengamanan, selanjutnya terkait Protokol kesehatan sudah kami buat tata tertibnya, dan saat pendaftaran kemarin sudah dilaksanakan sesuai protokol kesehatan, dan semua paslon beserta tim suksesnya telah mematuhinya,” ujara Rasid.

Hal senada juga disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo Wahyudin M. Akili, SE. Ia mengatakan bahwa pihaknya merasa terbantu oleh jajaran Polri dan TNI.

“Kami merasa terbantu oleh pengamanan dari jajaran kepolisian dan TNI, dan memang di masa pandemi Covid-19 ini, tugas pengawasan menjadi lebih ekstra, karena kita semua dituntut untuk mengawasi tidak hanya pelanggaran Pilkada, namun juga mengawasi penerapan protokol kesehatan dalam setiap tahapan, agar Pilkada dapat berjalan sukses dan juga sehat,” ujar Wahyudin.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK., terkait kunjungan kerja Kapolda Gorontalo bersama Danrem 133/NWB ke Kantor KPU Kabupaten Gorontalo mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sudah menjadi agenda dalam rangka mempersiapkan keamanan Pilkada dan mencegah penyebaran Covdi-19.

“Ini sudah menjadi agenda bapak Kapolda bersama Danrem, untuk mengecek kesiapan keamanan wilayah yang akan melaksanakan Pilkada juga memastikan penerapan protokol kesehatan, agar Pilkada sukses dan tidak menimbulkan kluster baru,” pungkasnya. (Majid Rahman)

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

21 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago