Pemkot Gorontalo

Karawo BSG KUR Festival, Panggung Promosi bagi UMKM dengan Dukungan Bank SulutGo

Wali Kota GorontaloM Marten Taha secara simbolis menerima Tanggung Jawab Sosial (TJS) sebesar Rp. 1.025.000.000 dari PT. Bank SulutGo (Dok. Diskominfo Kota Gorontalo)

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Kota Gorontalo bekerja sama dengan sektor perbankan, khususnya Bank SulutGo, untuk memberikan dukungan modal kepada UMKM agar dapat bertahan dalam kondisi yang sulit melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sebanyak 18 UMKM disentuh melalui program KUR tersebut dan diberikan panggung untuk mempromosikan produknya lewat ivent Karawo BSG KUR Festival yang bertempat diparkiran barat Citimall Gorontalo, 2023, Kamis 01/6/23.

“Pagelaran seperti ini nantinya akan memberikan multiplier effect bagi ekonomi masyarakat kota Gorontalo utamanya para pelaku UMKM” ujar Marten.

Marten berpendapat bahwa penyelenggaraan Karawo BSG KUR Festival akan memberikan dukungan kepada UMKM di Kota Gorontalo dalam hal promosi dan akses pemasaran. Dengan demikian, perekonomian daerah akan menjadi lebih aktif, dan program serta kebijakan pemerintah kota untuk meningkatkan UMKM akan berjalan dengan baik, baik dari segi jumlah maupun kualitas.

Menurut Marten, sebagai kota yang bergantung pada sektor perdagangan dan jasa, peran UMKM menjadi sangat penting sebagai penyedia jasa atau produsen. Namun, UMKM sering menghadapi masalah permodalan. Oleh karena itu, UMKM perlu melihat peluang yang ada dan mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut.

“Hadirnya Program KUR dari BSG tentu akan menjadi jalan keluar bagi para pengusaha untuk mengekspansi usahanya,” ucap Marten.

Dalam kesempatan tersebut, Marten Taha juga mengungkap pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo yang mengalami fluktuasi selama pandemi COVID-19. Namun, dia juga menyoroti upaya dan dukungan yang diberikan untuk memulihkan perekonomian. Meskipun masih dihadapkan dengan banyak tantangan dalam membangun kembali perekonomian yang kuat.

“Bayangkan tingkat pertumbuhan ekonomi Kota Gorontalo itu sebelum covid 6,97%, begitu tahun 2020 memang terjun bebas -0.02% mengalami fluktuasi yang sangat luar biasa. Tapi dengan berbagai upaya, dukungan berbagai pihak termasuk Bank Sulut Go, kami berupaya terus bagaimana menggenjot perekonomian walaupun di tengah kendala pandemi covid 19. Tahun 2021, alhamdulillah kita bisa tumbuh positif 2,81%.” Jelasnya.

Pada akhir acara, PT. Bank SulutGo secara simbolis menyerahkan Tanggung Jawab Sosial (TJS) sebesar Rp. 1.025.000.000 kepada Wali Kota Gorontalo. Mereka berharap bahwa bantuan ini akan memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan ekonomi Kota Gorontalo.

Reporter: Zulkarnaen

Recent Posts

Bawa 1 Sachet Sabu, Pria di Gorontalo Ditangkap Polisi

PROSESNEWS.ID – Seorang pria berinisial LM (33), warga Kecamatan Dungingi, ditangkap oleh Tim Resnarkoba Polresta…

17 jam ago

Pantarlih Gorontalo Selesaikan Coklit Hanya Dalam 2 Hari, Tercepat se-Indonesia

PROSESNEWS.ID - Hanya dalam kurun waktu dua hari, petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di Gorontalo…

17 jam ago

Lebih dari 1.100 Guru Honorer di Gorontalo Mendapat Perlindungan Ketenagakerjaan

PROSESNEWS.ID – Dalam upaya memberi perlindungan kepada tenaga honor, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi…

2 hari ago

Ratusan Warga Bone Bolango Dievakuasi Akibat Banjir Bandang

PROSESNEWS.ID - Ratusan warga di Desa Panggulo, Kecamatan Suwawa Barat, Kabupaten Bone Bolango, dievakuasi pada…

2 hari ago

Upaya Pengendalian Inflasi, Pemkot Beri Bantuan BBM kepada Pengemudi Bentor

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kota Gorontalo dalam upayanya mengendalikan inflasi, memberikan bantuan berupa Bahan Bakar Minyak…

2 hari ago

Peringati HANI 2024, Pemda Buteng Komitmen Wujudkan Masyarakat Bersih Narkotika

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) berkomitmen dalam mencegah…

2 hari ago