Pemprov Gorontalo

Kedatangan Mendes PDTT di Gorontalo Disambut Adat Mopotilolo

Prosesi adat mopotilolo Menteri Desa, PDT dan Trasmigrasi, Abdul Halim Iskandar di VIP terminal lama Bandara Djalaludin, Jumat (18/9/2020). (Foto: Nova-Humas)

PROSESNEWS.ID – Kedatangan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar bersama ibu Lilik Umi Nasriiyah, di Gorontalo diterima secara adat mopotilolo, Jumat (18/9/2020).

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negera yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Mendes PDTT dan rombongan tiba di Bandara Djalaluddin sekitar pukul 01.10 Wita dengan pewasat Garuda Indonesia. Rombongan kemudian dibawa dengan mobil menuju bandara lama untuk mengikuti rangkaian prosesi adat.

Mopotilolo diawali dengan penyambutan Mendes PDTT di pintu gerbang adat menuju ruangan VIP terminal lama Bandara Djalaludin. Penyambutan yang dihadiri Wakil Gubernur Idris Rahim itu diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Setibanya di ruangan VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat kepada Menteri. Prosesi mopotilolo dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Mendes PDTT bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur itu dijadwalkan berada di Gorontalo hingga Minggu nanti. Beberapa acara yang ia ikuti diantaranya pertemuan dengan Pendamping Desa se Provinsi Gorontalo di Universitas Negeri Gorontalo. Keesokan harinya Mendes PDTT dijadwalkan berkunjung ke Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato untuk Penandatanganan Kerjasama untuk menciptakan “Desa Damai Berkeadilan” antara Kemendes PDTT, BNPT dan BPIP, Launching FORPEACE serta Penandatanganan Prasasti. (Ads)

Recent Posts

Malam Ini Jamaah Haji Kota Gorontalo Mulai Berangkat ke Makassar

PROSESNEWS.ID - Ratusan jamaah haji dari Kota Gorontalo dilepas secara resmi oleh Wali Kota Gorontalo,…

13 jam ago

Hadiri Majelis Ta’lim, Hendra Sebut Pemimpin Harus Berpegang pada Al-Qur’an dan Hadist

PROSESNEWS.ID - Wakil Bupati Gorontalo, Hendra Hemeto, menekankan pentingnya menjadikan Al-Qur'an dan Hadits sebagai pedoman…

21 jam ago

APEKSI Sulawesi Selatan, Kota Gorontalo Sumbang Prestasi Terbaik

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kota Gorontalo telah menunjukkan peran penting dan strategis dalam memajukan Asosiasi Pemerintah…

1 hari ago

BKD Gorontalo Luruskan Informasi Mutasi 40 PNS dari Pohuwato

PROSESNEWS.ID - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo memberikan klarifikasi mengenai mutasi eksternal Pegawai Negeri…

1 hari ago

Alfa Midi Terima Apresiasi dari Wali Kota Gorontalo atas Program TJSL

PROSESNEWS.ID - PT. Midi Utama Indonesia Tbk atau yang dikenal dengan Alfa Midi menerima apresiasi…

1 hari ago

KPU Gorut Lantik 55 Anggota PPK, Tegaskan Netralitas dalam Tugas

PROSESNEWS.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Sofyan Jakfar, menegaskan anggota Panitia Pemilihan…

2 hari ago